Anda Wanita Perokok, Wajib Baca Ini

Anda Wanita Perokok, Wajib Baca IniAMERICAN Society of Reproductive Medicine mengatakan, belum banyak wanita yang sadar efek buruk rokok yang berpengaruh terhadap siklus menstruasi hingga menopause mereka. Kondisi tersebut dipengaruhi nikotin, sianida, dan karbon monoksida dalam rokok yang mempercepat hilangnya sel telur.

Karena itu, wanita perokok berpotensi mengalami menopause dini dibanding wanita yang sama sekali tidak memiliki kebiasaan merokok. Studi menyebutkan, wanita yang memiliki kebiasaan merokok akan mengalami menopause empat tahun lebih awal.

Frederick Naftolin, profesor dan co-director Program Interdisipliner untuk Pengobatan Menopause di NYU Langones school of medicine menjelaskan, saat sel telur mati, mereka tidak bisa diregenerasi atau diganti lagi. Demikian dilaporkan Womens Health dan dikutip Prfmnews.

Namun selain wanita perokok, faktor pemicu menopause dini datang dari kebiasaan olahraga berlebihan. Meski olahraga merupakan bentuk aktivitas sehat yang direkomendasikan setiap pakar kesehatan, dokter dari Providence Saint Johns Health Center di Santa Monica, Sherry Ross mengatakan, olahraga berlebihan menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

“Ada hubungan erat antara menopause dengan latihan fisik yang dilakukan dalam waktu lama dan intens menciptakan hormon tidak seimbang. Hal itu menyebabkan ovulasi tidak tertatur dan menstruasi berhenti lebih dari dua bulan,” kata Ross.

Rokok juga dapat membuat wanita rentan diserang sel kanker terutama kanker yang menyerang organ reproduksi seperti kanker serviks dan kanker ovarium. Hal itu terjadi karena asap rokok yang dihisap akan mendorong munculnya sel kanker ganas yang menyerang berbagai organ penting seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan hati. Potensi infeski vagina pun dapat meningkat. Hal Itu terjadi karena

Bagi perempuan, kanker payudara menjadi monster yang kerap menghantui dan bisa menghinggapi siapapu. Parahnya, rokok adalah salah satu peyebab utama munculnya penyakit itu. Tumor di payudara mengganas kalau saja kebiasaan merokok tidak dihentikan terutama saat berad di usia produktif.

Sudah banyak laporan yang menyatakan payudara harus diangkat seluruhnya karena status kanker yang sudah sedemikian parah. Jadi, kenapa masih saja merokok?