Bupati Sumedang Canangkan Kampung KB

Bupati Sumedang Canangkan Kampung KBBUPATI Sumedang, H. Eka Setiawan diarak menggunakan Kuda Singa ke lokasi pencanangan Kampung KB Desa Banjarsari Kecamatan Jatinunggal, Kamis (18/5/2017). Acara ini dihadiri juga oleh Direktur Advokasi & KIE BKKBN Pusat, Sugiyono dan perwakilan dari BKKBN Provinsi serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sumedang tersebut,

Kepala Desa Banjarsari, Endang Susilawati melaporkan, ditunjuknya Rukun Warga (RW 8) Dusun Cadasri Desa Banjarsari Kecamatan Jatinunggal, lebih dikarenakan Desa yang dipimpinnya tersebut dikategorikan desa terpencil, dengan dengan cakupan bidang KB yang masih rendah, masih terdapatnya Balita yang masuk ke dalam kategori Bawah Garis Merah (BGM), terdapatnya keluarga yang belum mempunyai MCK (Mandi, Cuci, Kakus), jumlah Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 40 rumah, serta dalam bidang pendidikan, mayoritas hanya sampai Sekolah dasar dan masih terdapatnya anak usia di bawah 21 tahun yang tidak sekolah.

Namun Demikian, Endang optimis karena masyarakatnya memiliki berbagai potensi seperti gotong royong yang masih kuat yang dibuktikan dengan telah berhasil membangun satu buah Rutilahu secara swadaya murni, memiliki produk-produk unggulan dan masyarakat yang Agamis, sehingga menurutnya segala keunggulannya tersebut bisa dikembangkan untuk menunjang program kampung KB.

Dikatakan Sugiyono selaku Direktur Advokasi & KIE BKKBN Pusat, bahwa kampung kb merupakan program yang digulirkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 lalu, yang saat ini keberadaan kampung kb telah mencapai sebanyak 513 buah. Ia juga menjelaskan, bahwa keberadaan kampung kb bisa terbangun dengan baik, apabila semua sektor dapat bersinergi khususnya dalam hal pembinaan kampung kb.

Bupati Eka menjelaskan bahwa kabupaten Sumedang telah memiliki satu kampung kb, dan telah menjadi salah satu referensi bagi kab/kota lain se-Indonesia untuk membangun kampung kb, yaitu kampung kb Naluk Kecamatan Cimalaka. “Saya optimis, kampung kb desa Banjarsari juga bisa lebih baik lagi,”kata Eka.

Menyikapi masih banyaknya Rutilahu di Desa Banjarsari, Eka berjanji dalam waktu dekat ini akan membantu membangun sebanyak dua rumah. “Masih banyak masyarakat yang harus kita dorong, oleh karena itu saya perintahkan Pak Camat dan Bu Kades untuk segera membuat proposal sehingga minimal kita akan bangun rumah dalam dua paket dalam waktu dekat ini,” katanya

Sumber : http://www.galamedianews.com