Dana Sarapan Praja IPDN 30 Milyar

Kebun Emas 486 x 60

Jatinangor (20/02)

Alokasi dana sarapan Praja IPDN Jatinangor untuk tahun 2013 adalah sebesar 30–an milyar . Adapun rincian alokasi dana per-Prajanya adalah sebesar Rp 21,000.- per hari. Informasi ini diperoleh dari Kepala bagian Umum IPDN.

Sementara menurut kepala HUMAS IPDN jumlah Praja IPDN saat ini tercatat sekitar 6000 orang lebih. Berdasarkan Pantauan wartawan Plat Merah disalah satu kantin kampus IPDN, Senin 18/2 ditemukan beberapa Praja tingkat akhir dan tahun pertama sedang asyik makan siang. Menurut informasi dari salah seorang Praja yang kami temui dijelaskan bahwa aturan makan untuk Praja tingkat akhir diberikan kelonggaran untuk bisa makan diluar mess (dapur umum), sedangkan untuk tingkat 1 -3 diwajibkan makan di mess. Adapun alasan Praja tingkat akhir diberi kelonggaran adalah karena kesibukan menyusun skripsi.

Hasil pengamatan dilapangan sekira satu jam lebih, (10 .30 – 11.40 WIB) , terhitung hampir seratusan lebih Praja makan dan minum di kantin, kemana Praja yang lainnya?. Padahal jumlah kantin di IPDN ada 3 buah. Maka , disinyalir ada potensi pemborosan APBN.
Hal ini dibantah oleh oleh Kabag umum dan juga Kepala Humas IPDN dengan alasan bahwa semua Praja diwajibkan untuk makan di mess.

“Walaupun mereka makan diluar tetapi pada jam makan diwajibkan mereka makan di mess “ ungkap kepala Humas. Penjelasan ini berbeda dengan yang disampaikan oleh Praja “kalau kami makan sekarang, nanti kami tidak makan lagi di mess “.

Perhitungan yang kami lakukan setidaknya ada dua hasil yang berbeda. Pertama, jika ada Praja IPDN sebanyak 6000 orang dengan alokasi anggaran Rp 21,000.- per hari, Maka jika dikalikan satu tahun dan dikurangi masa liburan diperoleh angka 40 milyaran. Sedangkan jika alokasi anggaran 30 milyar dan pola kebocoran akibat Praja makan diluar, lantas pertanyaannya berapa anggaran biaya makan yang bocor ? [#pm agus/irfan]

Sumber : platmerah

Kebun Emas 486 x 60