Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013

Jatinangorku.com - Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013 - Hari Sabtu (14/9/2013), Warga Bogor menggelar puncak pesta demokrasi dengan memberikan suara untuk pemilihan calon walikota dan wakil walikota untuk periode jabatan 2013—2018. Pilkada Kota Bogor digelar hari ini

Rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor menunjukkan jumlah pemilih untuk Pilwali hari ini sebanyak 673.938 pemilih yang akan dijaring di 1.814 TPS atau tempat pemungutan suara.

Lima pasangan calon akan bertarung hari ini untuk memperebutkan suara tersebut.  Pasangan nomor 3 Achmad Ru’yat—Aim Halim Hermana bisa dibilang sebagai pasangan incumbent, karena Achmad Ru’yat saat ini  menjabat  Wakil Walikota Bogor dan maju ke Pilkada  dengan dukungan tiga partai,  yaitu PKS, PPP, dan Hanura.

Sementara itu, Dodi Rosadi dulunya pernah mejabat Sekretaris Daerah Kota Bogor dan kini me milih menjadi pengusaha. 

Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013

Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013

Selain penghitungan suara lewat KPUD Bogor, penghitungan suara pilkada kota Bogor ini, juga akan dilakukan oleh metode Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013 yang dilakukan oleh beberapa lembaga. Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013 dinilai cepat dan akan lebih mengetahui hasil Pilkada Kota Bogor dengan cepat. Tingkat keakuratannya pun tinggi.

Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013

Quick count dan exit poll merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan  setelah pemilihan. Quick count atau penghitungan cepat adalah proses pencatatan hasil  perolehan suara di ribuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dipilih secara acak.  Kegiatan quick count ini seringkali diikuti oleh exit poll. Exit poll adalah metode  mengetahui opini publik yang dilakukan sesaat setelah keluar dari bilik suara. Kedua  metode ini dapat sebagai alat untuk mengontrol dan mendorong dihasilkannya pemilu yang  jujur dan adil. Prediksi quick count akan akurat apabila berdasarkan metodologi statistik  dan penarikan sampel yang ketat. Multistage random sampling merupakan teknik  penarikan sampel yang sering digunakan dalam melakukan quick count.

Quick count atau penghitungan cepat adalah proses pencatatan hasil perolehan  suara di ribuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dipilih secara acak (Ujiyati 2004).  Exit poll adalah metode mengetahui opini publik yang dilakukan sesaat setelah keluar dari  bilik suara (LSI 2004). Quick count merupakan prediksi hasil pemilu berdasarkan fakta  bukan berdasarkan opini. Sehingga quick count tidak sama dengan jajak pendapat terhadap  pemilih yang baru saja mencoblos atau yang biasa disebut exit poll. Sejumlah lembaga mengembangkan quick count dengan exit poll dengan wawancara sampel terpilih untuk  mengetahui lebih dalam distribusi suara pemilih (Kristanto 2007).

Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013

Daftar pasangan dan partai pendukung Pilkada Kota Bogor dapat dilihat di bawah.

Pasangan Pilwakot Bogor 2013

No. Urut Pasangan

Partai

1 Firman Sidik Halim—Gartono Perorangan
2 Bima Arya—Usmar Hariman PAN, Demokrat,PBB,PKB, Gerindra
3 Achmad Ru’yat—Aim Halim Hermana PKS,PPP,Hanura
4 Dody Rosadi—Untung W Maryono PDIP,Golkar,PKPI,PDS,PDK, PPN,PNBKI, PIS,PNIM,PKNu,PPDI,PPRN,PPI,BARNAS,PBR
5 Syaiful Anwar-[-Muztahidin Al Ayubi Perorangan

 

Simak terus update Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013 dibawah ini

Hasil hitung cepat versi Media Center BISA (Bima Arya-Usmar),pasangan nomor urut 2 memenangi Pilkada Kota Bogor dengan memperoleh 34,5 persen. Disusul kemudian oleh pasangan nomor urut 3, Ru’yat-Aim dengan 32,8 persen.

Namun hitung cepat versi Ru’yat-Aim mengklaim mereka yang memenangi Pilkada Kota Bogor dengan perolehan 34,35 persen disusul pasangan Bima Arya sebesar 29, 01 persen.

Berikut hitung cepat versi kubu Bima Arya-Usmar yang dikerjakan oleh Charta Politika hingga pukul 16.45 WIB:

1.Firman Sidik Halim-Gartono = 05,9%

2.Bima Arya-Usmar Hariman = 34,5%

3.Achmad Ru’yat-Aim Halim Hermana = 32,8%

4.Dody Rosadi-Untung W. Mary

5.Syaiful Anwar-Muztahidin Al Ayubi = 10,5%

 

Hitung cepat kubu kubu Ru’yat-Aim
1.Firman Sidik Halim-Gart

2.Bima Arya-Usmar Hariman = 29, 01 %

3.Achmad Ru’yat-Aim Halim Hermana = 34,35 %

4.Dody Rosadi-Untung W. Mary %

5.Syaiful Anwar-Muztahidin Al Ayubi = 8,85 %

Tabel Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013 diatas akan terus di update. Semoga artikel Hasil Quick Count Pilkada Kota Bogor 2013 ini bermanfaat bagi warga kota Bogor. :)