Visi dan Misi Ikopin

VISI & MISI

Visi :

Ikopin sebagai perguruan tinggi terbaik dalam menyiapkan kader Koperasi dan pengusaha tangguh dalam menghadapi persaingan global

Misi :

Misi Ikopin intinya mengikuti Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai berikut :
a.    Menyelenggarakan program-program pendidikan akademik dan profesional untuk menyiapkan kader Koperasi dan pengusaha tangguh dalam menghadapi persaingan global.
b.    Melaksanakan program-program penelitian dan pengembangan guna menghasilkan konsep-konsep, teori dan hasil kajian yang secara fungsional dapat mendukung penyiapan kader Koperasi dan pengusaha tangguh dalam menghadapi persaingan global.
c.    Melaksanakan dan mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada gerakan koperasi, usaha mikro, kecil,  menengah, dan keuangan mikro untuk mendorong terciptanya citra Ikopin sebagai pusat unggulan kader koperasi dan pengusaha tangguh.

PERANAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN

Lima hal yang harus diselenggarakan oleh suatu perguruan tinggi dalam memenuhi fungsinya, yaitu menyelenggarakan : pengembangan pendidikan; penelitian dalam rangka mengembangkan kebudayaan, khususnya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni; pengabdian pada masyarakat; pembinaan civitas akademika (mahasiswa dan tenaga pengajar); dan pelayanan administrasi. Kelima hal tersebut di atas adalah dalam rangka mencapai tujuan sistem pendidikan nasional yang tercantum dalam dasar, fungsi dan tujuan undang-undang pendidikan nasional Nomor 20 tahun 2003 yaitu ;
“Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Selaras dengan tujuan pendidikan dan peranan Ikopin tersebut di atas, pendidikan di Ikopin diarahkan untuk menghasilkan sarjana yang :
a.    Bartaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b.    Berakhlak, tangguh dan berhati nurani.
c.    Berkualitas, mempunyai sifat terbuka, tanggap terhadap perubahan kemajuan ilmu dan teknologi serta masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya di bidang perkoperasian.
d.    Mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen pada umumnya dan manajemen koperasi khususnya.
e.    Mempunyai semangat dan kesadaran yang tinggi akan arti, makna dan fungsi perkoperasian di Indonesia seperti apa yang dikehendaki oleh Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33.
f.    Mempunyai semangat dan kesadaran yang kuat akan kegiatan-kegiatan kegotong-royongan dan kekeluargaan yang dinamis dalam mencapai tujuan bersama.
g.    Mempunyai keterampilan dalam usaha penyuluhan koperasi kepada sumber daya manusia koperasi serta kepada masyarakat.
h.    Mempunyai keterampilan dalam menganalisa karakteristik sosial ekonomi yang berlaku di suatu daerah atau lingkungan masyarakat dalam hubungannya dengan kemungkinan pembentukkan dan pengembangan koperasi.

 

Sumber : ikopin.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Protected by WP Anti Spam