Kalsium Air Mineral Ternyata Sama Baiknya dengan Segelas Susu

Kalsium Air Mineral Ternyata Sama Baiknya dengan Segelas SusuSUDAH jadi anggapan umum bahwa segelas susu setiap hari merupakan sumber kalsium terbaik bagi tubuh. Kabar gembira bagi mereka yang tidak begitu suka minum susu atau alergi terhadapnya. 

Menurut para peneliti kesehatan, alih-alih minum susu atau mengkonsumsi suplemen, air mineral justru memiliki kekayaan kalsium yang sama. 

“Keistimewaan dari air mineral sebagai sumber kalsium bebas kalori sebagai ganti dari susu dan olahannya,” kata Theresa Greupner dari Leibniz University Hannover di Jerman kepada Reuters Health. 

“Di dunia dengan jumlah orang gemuk dan obesitas yang terus bertambah, penting untuk kita mengurangi asupan energi dan terus mendukung sumber kalsium alternatif selain susu dan olahannya yang berkalori tinggi.”
 
Dilansir dari Daily Mail, minum banyak air – yang tentu saja tidak mengandung kalori – juga merupakan salah satu hal terbaik yang harus dilakukan jika anda ingin menurunkan berat badan. Air dingin mempercepat laju metabolisme tubuh, karena air membuat tubuh tetap dingin ketika tubuh memanas saat metabolisme terjadi. Jadi, dengan meminum air dingin, Anda justru bisa meningkatkan jumlah kalori yang membakar tubuh Anda. Selain itu, penurunan berat badan dibantu oleh kemampuan air dalam detoksifikasi racun. Air juga meningkatkan energi karena tubuh dapat terhidrasi dengan baik.
 
Sementara itu, dilansir dari Medical News Today, bahwa satu gelas susu murni dengan kandungan 3,25 persen lemak mengandung 146 gram kalori, 8 gram lemak, 13 gram karbohidrat dan 8 gram protein.
 
Tim studi Theresa Greupner dari Leibniz University Hannover di Jerman meninjau seberapa baik tubuh manusia menyerap kalsium dari lima produk berbeda. Yang masing-masing mengandung 300 mg kalsium: tiga jenis air mineral kaya kalsium, susu, dan suplemen kalsium.
 
Dua puluh satu pria dan wanita terlibat dalam penelitian ini. Hasilnya, lima sumber kalsium yang berbeda diserap dengan cara yang sama oleh tubuh, tulis para tim studi  dalam Jurnal online American College of Nutrition, pada tanggal 19 Juni.
 
Mineral lain di dalam air tidak mempengaruhi dalam penyerapan kalsium.
 
Brandi dan rekan-rekannya, yang tidak terlibat dalam studi yang dilakukan di Leibniz University Hannover di Jerman  ini membuktikan dalam sebuah penelitiannya sendiri di tahun 2004 bahwa kalsium dalam air mineral juga diserap sama seperti kalsium dalam susu.

Kebutuhan harian

Seseorang perlu minum dua liter air dengan kalsium 500 mg / L per hari, atau lebih dari tiga cangkir susu berururan delapan ons, untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium standar Jerman  sebanyak 1.000 mg. Di Amerika Serikat, 1.300 mg / hari kalsium dianjurkan untuk orang dewasa.
 
Kebanyakan produk air mineral dilabeli oleh konten mineralnya, dan anda bisa mencari air kaya kalsium dengan membaca labelnya. Semakin tinggi jumlah kalsium yang dikandung, semakin baik air itu berperan sebagai sumber kalsium, Greupner mengatakan.
 
Di Italia air mineral telah diketahui secara umum sebagai sumber kalsium yang baik, Dr. Maria Luisa Brandi dari Universitas Florence di Italia mengatakan kepada Reuters Health dalam sebuah wawancara telepon.
 
“Teori ini dipakai dengan baik dalam pengobatan,” tutur Brandi. “Kami merekomendasikan air dengan kandungan kalsium tinggi untuk pasien yang memiliki osteoporosis.”
 
Air mineral, susu, maupun suplemen kalsium sama-sama dapat menjadi sumber kalsium harian. Bagi anda yang memerlukan asupan kalsium yang rendah kalori, air mineral kaya kandungan kalsium akan jadi pilihan yang sangat tepat. (Azka Faza)

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com