Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Durian

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Durian

Jatinangorku.com – Durian (durio zibethinus) siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini ?? raja dari buah buahan ini memang memiliki aroma yang menggiurkan bagi pecintanya, Namun juga jadi bumerang bagi yang tidak menyukainya. Karena aroma durian yang telah matang sempurna dapat tercium dari jarak beberapa meter tanpa kita melihat buah ini. Buah durian memang buah asli dari Asia Tenggara, yang dibudidayakan dan tumbuh liar di hutan-hutan di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina.Durian adalah salah satu buah terbesar, yang beratnya bisa mencapai 1-4 kg dengan diameter 15-30 cm. Daging buahnya berwarna kuning emas, dengan biji yang ukurannya bervariasi, tergantung spesiesnya. Pohon durian berbuah setelah berusia 4-5 tahun dan dapat tumbuh hingga ketinggian 50 meter. Buah yang mendapat julukan King of fruit in selain enak ternyata banyak mengandung vitamin B, C, E dan zat besi. Namun dibalik itu banyak rumor yang mengatakan bahwa buah durian tidak baik bagi kesehatan, apakah benar ?? Naahhh,.. berikut ulasannya.

 
Kandungan Durian yang Kurang Baik bagi Tubuh
 
Mengonsumsi durian dapat berbahaya bagi kesehatan.?? Ada banyak berita mengenai orang yang meninggal dunia setelah memakan durian. Sebenarnya hal berikut yang perlu di perhatikan bagi pecinta durian. Kandungan durian yang utama perlu diwaspadai adalah kalorinya. Setiap 100 gram durian memiliki kalori sekitar 120-180 kalori. Satu durian dengan daging buah seberat 500 gram mengandung 600 – 900 kalori. Bila Anda memakan empat buah durian itu, maka tubuh Anda akan mendapatkan ledakan energi instan sebesar 2.400 -3.600 kalori, jauh melebihi kebutuhan harian rata-rata. Oleh karena itu, bila Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, Anda harus berhati-hati bila mengonsumsi durian.
 
Satu Lagi Catatan.
 
Durian juga mengandung gula yang cukup banyak serta sifatnya panas sehingga penderita diabetes dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi durian.
 
Namun dibalik itu durian memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti:
 
Di dalam daging buah durian mengandung banyak sekali zat gizi, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin Fosfor dan zat besi yang terdapat dalam durian ternyata 10 kali lebih banyak daripada buah pisang. Kandungan gizi tiap 100 gram buah durian adalah 67 gram air, 2,5 gram lemak, 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 2,5 gram protein, dan menghasilkan energi sebesar kurang lebih 520 kJ.
 
Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan
 
Berikut beberapa manfaat dari buah yang mendapat julukan King of Fruit ini.
 
  • Meningkatkan Kesehatan Kulit
    Di balik rasanya yang lazat, durian kaya dengan Vitamin C. Setiap butir durian mengandung 80% nilai harian (DV) vitamin C  yang diperlukan tubuh. Vitamin ini penting dalam pembentukan kolagen,  yaitu protein dalam kulit, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Vitamin C juga membantu mengembangkan resistensi terhadap virus dan radikal bebas.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan
    Durian kaya zat thiamin/ vitamin B (61%) yang merangsang nafsu makan, serta menghasilkan asam klorida dalam lambung sehingga menyihatkan sistem pencernaan.
  • Membantu Melawan Depresi
    Vitamin B6 adalah nutrisi penting dalam produksi serotonin, zat kimia neorotransmitter yang mempengaruhi keadaan hati. Kekurangan vitamin ini dalam tubuh bisa menyebabkan depresi. Durian memiliki kandungan Vitamin B6 hingga 38%. Selain itu, tingginya kadar asam amino triptofan dalam durian juga dapat mengurangi kecemasan dan insomnia [sukar tidur].
  • Meringankan Sakit Kepala
    Mengkonsomsi durian juga membantu meringankan sakit kepala. Riboflavin atau vitamin B (29%) dalam durian membantu mengobati migrain. Selain itu durian juga memiliki sejumlah manfaat lain. Antara lain, kandungan Kaliumnya (30%) yang baik untuk tulang, Tembaga (25%) yang bermanfaat dalam penyerapan hormon, Folat (22%) yang baik dalam menjaga kehamilan dan Magnesium (18%) yang bermanfaat untuk mengendurkan saraf dan otot. 

Sumber : http://permathic.blogspot.com