Karimun Wagon R, Mobil Murah dari Suzuki

Karimun Wagon R, Mobil Murah dari Suzuki

Jatinangorku.com – Setelah lama ditunggu, Suzuki International Sales akhirnya memperkenalkan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) mereka, Karimun Wagon R di ajang pameran Indonesia International Motor Show 2013 .

Mobil ini akan bersaing dengan Astra Toyota Agya, Astra Daihatsu Ayla, Datsun Go+ serta Honda Brio Satya.

Presiden Director PT Suzuki Indomobil Sales Shuji Oishi mengatakan, Karimun Wagon R
di ajang IIMS 2013 ini diperkenalkan sebagai mobil Suzuki untuk program LCGC.

Representative Director/Executive Vice President Suzuki Motor Corp Toshihiro Suzuki mengatakan, dirinya bangga, populasi mobil Suzuki cukup besar di Indonesia. “Intinya, saya senang mengumumkan mobil kompak baru kami, Karimun Wagon R,” kata Suzuki di acara peluncuran.

Suzuki sengaja memilih Wagon R untuk program LCGC, lantaran di pasar asalnya di Jepang, penjualan Wagon R sangat sukses. Mencapai 4 juta unit. Wagon R juga menuai sukses di India.

Toshihiro Suzuki Executive Vice President Suzuki Motor Corporation mengklaim, Wagon R
memiliki ruang yang paling lega di kelasnya dan memudahkan penumpang untuk naik turun.

Wagon R juga memiliki sudut-sudut yang tegas, kursi baris kedua agak tinggi, lantai kabin relatif rendah, ruang bagasi pintu lebar dan dapat diperluas dengan melipat kursi belakang.

Mobil ini juga dilengkapi dengan laci tersembunyi di kursi penumpang dan tempat minuman hingga ukuran 600 ml. Dengan demikian, mobil ini cocok untuk pasar Indonesia.

Dia juga menjelaskan, pengembangan Karimun Wagon R mengacu pada empat konsep dasar. Yakni, interior yang luas dan terbuka sehingga mampu memuat banyak orang dan merasakan kenyamanan, bahan bakar efisien dan mempunyai harga terjangkau.

Mobil ini didesain sebagai mobil kompak berbentuk kotak. Grilnya yang besar menyediakan lampu besar (headlight) yang lebih besar dan pengaruh yang kuat dengan mengadopsi lensa dalam berwarna biru yang ditambahkan untuk memberikan tampilan tegas dan dinamis. Roof rail-nya melengkapi desainnya yang bergaya urban.

Dengan ukuran dan dimensi yang dimilikinya, Wagon R memudahkan pengendara melewati ruas jalan yang sempit dan padat bahkan parkir di tempat yang tidak terlalu luas seperti di garasi rumah. Untuk memudahkan pengemudi dalam berkendara, terdapat Wide Outside Mirror, dan Wide Front Glass.

“Kami telah berusaha untuk menciptakan desain yang unik dan menarik yang akan disukai banyak orang,” jelas Toshihiro.

Karimun Wagon R dipersenjatai dengan mesin K10B bertenaga maksimum 68 PS dan diklaim mampu menempuh jarak 20,5 km per liter bensin.

Toshihiro belum bersedia menyebutkan harga jual Karimun Wagon R dengan alasan baru bisa mempublikasikan pada sekitar Oktober atau November 2013.

Namun, Direktur Marketing PT Indomobil Suzuki International Davy Tulian memastikan Wagon R akan dilepas di harga tak lebih dari Rp 100 juta. Mobil ini dirakit di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi.
Target calon pelanggan mobil ini adalah pengguna motor yang ingin memiliki mobil dan konsumen mobil bekas.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/