Kecanduan Alkohol, Ini Tips untuk Berhenti

Kecanduan Alkohol, Ini Tips untuk BerhentiALKOHOL, biasa dikenal pula sebagai minuman keras atau miras. Alkohol adalah minuman yang mempunyai efek buruk untuk kesehatan terutama bagi para wanita. Miras ini memang bisa membuat setiap orang yang mengonsumsinya menjadi kecanduan alkohol.

Dilansir dari Vemale.com, sebuah penelitian di University College London Medical School membuktikan bahwa kandungan air dalam tubuh wanita lebih sedikit daripada pria. Wanita mempunyai 55 persen kandungan air dalam tubuh. Kandungan ini 10 persen lebih sedikit daripada kandungan air dalam tubuh pria.

Sehingga, ketika para wanita mengkonsumsi minuman alkohol dengan jumlah yang sama dengan pria, wanita akan lebih cepat mabuk. Hal ini mengakibatkan liver wanita akan lebih cepat rusak daripada pria.

Mengingat bahaya minuman alkohol bagi kesehatan terutama wanita, ada baiknya para wanita mulai mengurangi minum alkohol. Bahkan dianjurkan berhenti mengkonsumsi alkohol. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk berhenti minum alkohol :

1. Buat komitmen

Jika Anda seorang pecandu minuman keras dan ingin berhenti, ada baiknya dimulai dengan membuat komitmen pada diri sendiri. Tanamkan pikiran bahwa minuman keras hanya akan merusak diri Anda.

Yakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak akan pernah lagi mengkonsumsi minuman tersebut. Setelah Anda membuat komitmen pada diri sendiri, Anda bisa meminta bantuan dengan berkonsultasi pada dokter yang dipercayai.

2. Konsumsi minuman yang bermanfaat

Saat Anda memutuskan berhenti mengkonsumsi minuman keras, maka Anda harus mulai membiasakan mengkonsumsi minuman bermanfaat seperti air putih, jus, maupun susu steril. Dilansir dari gelombangotak.co.id , air putih memiliki manfaat untuk membersihkan racun yang ada didalam tubuh. Baiknya Anda mengkonsumsi air putih sebanyak 2-3 liter per hari untuk melancarkan pembuangan racun termasuk sisa alkohol dalam tubuh.

 

3. Mengkonsumsi sayur dan buah

Mengkonsumsi sayur dan buah untuk Anda yang baru memutuskan berhenti mengkonsumsi minuman keras adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, sayur dan buah-buahan memiliki banyak khasiat untuk membuang racun dan menyehatkan tubuh.

 

Dilasir dari gelombangotak.co.id, mengkonsumsi jus buah bit (beetroots) diyakini memiliki manfaat seperti membersihkan racun yang ada dalam hati. Lalu jus wortel memiliki manfaat seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jus wortel, bit dan apel bila dikombinasikan memiliki manfaat yang mampu mensterilkan tubuh dari racun–racun yang terdapat dalam tubuh.

4. Rutin berolahraga

Olahraga nyatanya memiliki efek yang baik untuk tubuh bila dilakukan secara rutin. Olahraga mampu membuat Anda terlepas dari stres dan depresi yang dialami.

Racun yang terdapat dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat yang bercucuran pada saat berolahraga. Imbangi kegiatan olahraga Anda dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com