Lantai Jembatan Cikuda Jatinangor Diganti


JATINANGOR

Lantai jembatan Cikuda di jalur Jalan Raya Jatinangor, Kp. Cikuda, Desa Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, yang kondisinya sudah tak layak akhirnya diganti dan dilebarkan. Prosesnya sudah dikerjakan selama tiga pekan.

Proyek pada jalur nasional yang merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum (PU) itu dikerjakan PT Salawati Tandang Sumedang. Selain itu, jembatan sepanjang 145 meter itu juga diperlebar.

Pengawas proyek jembatan Kementerian PU, Dadan S.M. kepada “GM”, Rabu (7/11) mengatakan, jembatan Cikuda yang lebar awalnya 3 meter kini menjadi 9,6 meter. “Anggarannya Rp 2,8 miliar,” kata Dadan.

Fondasi dan rangka besinya semua baru. “Pengerjaannya terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama 4,6 meter, tahap dua 4 meter, dan tahap tiga 4 meter,” katanya.

Dikatakan, tahap pertama pengerjaan sudah selesai dan sudah bisa dilintasi kendaraan dari arah Jatinangor menuju Sumedang. Namun untuk tahap kedua, kini sedang dalam proses pengerjaan. “Maunya 

pengerjaan tahap pertama dan kedua dengan lebar 7 meter dibongkar dan dikerjakan sekaligus. Dan sisanya digunakan untuk jalur lintasan buka tutup jalur kendaraan,” ujarnya.

Hanya rencana itu urung dilaksanakan karena kendaraan akan tersendat. “Ini saja dengan cara dibagi tiga tahap pengerjaan, sewaktu-waktu kendaraan sempat tersendat. Tetapi kendaraan dari dua arah tetap bisa melintas,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dengan pelebaran jalur nasional itu, tidak lagi terjadi penyempitan jalur. Dalam proses pengerjaannya pun tidak langsung dicor, melainkan hanya menyiapkan dondasinya saja.

“Babian atas jembatan menggunakan poidslab. Material dan poidslabnya sudah jadi dan tinggal dipasangkan. Tinggal menunggu fondasi atau dudukannya saja,” katanya. 

Pembongkaran jalan lama dan fondasi ini cukup lama. Namun hasilnya akan lebih kokoh dan kuat. “Kekuatan jalan nasional ini bisa melebihi 50 ton. Apalagi di jalur jalan ini banyak kendaraan truk batu bara yang melintas,” katanya.

sumber : klikgalamedia