Menu Makanan untuk Penderita Gagal Ginjal

Menu Makanan untuk Penderita Gagal Ginjal

Jatinangorku.com – Bagi anda yang pernah mengalami gagal ginjal tentu harus lebih menjaga pola makan karena diketahui bahwa beberapa makanan bisa memperparah penyakit ginjal yang dialami. Penderita Gagal Ginjal tidak disarankan mengonsumsi banyak buah dan sayur. Meski buah dan sayur adalah makanan yang baik untuk orang sehat, namun untuk penderita ginjal makanan ini akan berpotensi memperparah kesehatan anda.

 
Penderita gagal ginjal harus mengetahui kandungan buah dan sayur yang mereka makan. Jangan sampai mengkonsumsi jenis buah dan sayur yang mempunyai kadar Kalium (Potassium) yang tinggi. Hal tersebut diketahui dapat mengganggu irama jantung.
 
Sebagai contoh bagi anda penderita gagal ginjal adalah hanya boleh mengkonsumsi buah apel setengah saja setiap harinya. Namun apabila kondisi penderita gagal ginjal sudah terlalu parah, hentikan konsumsi buah dan sayur hingga gejala penyakit ginjal (seperti sering kencing )menghilang.
 
Namun bagi anda yang belum pernah melakukan cuci darah, dianjurkan melakukan diet rendah protein 40-45 gram/hari. Hal tersebut tergantung fungsi ginjal penderita yang dapat diketahui dengan pemeriksaan laboratorium. Jika fungsi ginjal kurang dari 15 persen, maka tentu diperlukan cuci darah.
 
Sedangkan untuk penderita gagal ginjal kronis, harus menjalani diet ketat dengan beberapa tujuan, yaitu: Mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh dan menjaga agar Pasien Gagal Ginjal tetap dapat beraktivitas seperti orang normal. 
 
Prinsip Diet untuk Penderita Gagal Ginjal kroni:
  1. Diet lunak atau biasa,
  2. Konsumsi sumber karbohidrat: selai, gula pasir, permen dan sirup,
  3. Konsumsi Cukup energi namun rendah protein,
  4. Konsumsi sumber protein, diutamakan protein hewani, seperti: daging sapi, ,susu, dan ikan. Takarannya tentu disesuaikan dengan kegagalan fungsi ginjal penderita.
  5. Konsumsi makanan sumber lemak tidak jenuh, dengan kebutuhan sekitar 25 persen dari total energi yang diperlukan setiap hari.
  6. Kebutuhan air penderita gagal ginjal sebaiknya sesuai dengan jumlah urine selama satu hari sekitar 500 mililiter yang didapatkan dari minuman dan makanan.
  7. Konsumsi makanan yang mengandung kalium dan natrium, dengan jumlah sesuai keadaan penderita.
  8. Kebutuhan kalori Penderita Gagal Ginjal, sekitar 35 Kkal/Kg berat badan/hari.
  9. Kurangi konsumsi garam dapur, apabila anda juga menderita hipertensi bengkak.
  10. Konsumsi agar-agar, karena selain mengandung sumber energi makanan ini juga mengandung serat yang larut.
Pantangan Makanan untuk Penderita Gagal Ginjal
  1. Kurangi Konsumsi makanan mengandung karbohidrat seperti: nasi, kentang, jagung, pasta, hevermout, dan ubi-ubian.
  2. Kurangi Konsumsi Protein hewani, seperti: daging kambing dan ayam, hati, ikan, keju, udang dan telur.
  3. Kurangi konsumsi Sayuran dan buah-buahan tinggi kalium, seperti: alpukat, apel, jeruk, pisang, buah dan daun pepaya, seledri, kembang kol, peterseli dan buncis.
Penderita Gagal Ginjal sebaiknya juga mengurangi konsumsi makanan yang sudah diawetkan seperti ikan asin, cornet, abon, buah dan sayur dalam kaleng, keju dan susu yang diawetkan diketahui dapat memperparah penyakit ginjal.
Ringkasan:
  • Beberapa Makanan harus dihindari agar tidak memperparah Gagal Ginjal,
  • Penderita gagal ginjal bahkan harus membatasi konsumsi buah-buahan,
  • Makanan yang diawetkan juga tidak baik untuk Pasien Gagal Ginjal

Sumber : http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com