Pasangan Rudi-Helmi Tertinggi

Jatinangorku.com – Rudi Gunawan dan dr. Helmy Budiman menempati urutan pertama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Garut dari sisi elektabilitas. Demikian hasil survei Indonesia Research Institute (IRI) pada bulan Agustus ini.

Pada hasil survei tersebut, pasangan yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu meraih 32 persen, disusul pasangan Memo Hermawan-Ade Ginanjar (18 persen), Agus Hamdani-Abdusy Syakur (17 persen), Dedi Suryadi-Deddy Dores (7 persen), dan Yamin Supriatna-Dadan Ramdani (6 persen).

“Survei dilakukan selama enam hari, terhitung sejak 12 – 18 Agustus 2013 dengan menggunakan berbagai metode penelitian. Salah satunya systematic random yang melibatkan 400 responden dari 42 kecamatan di Kab. Garut,” tutur Ketua IRI, Tino Nugroho kepada wartawan, Rabu (21/8).

Tino mengatakan, kelima pasangan mengalami tren beragam. Pasangan Rudi-Helmi misalnya, tren elektabilitasnya cenderung stabil. Sedangkan pasangan Memo-Ade sempat yang naik, kali ini cenderung turun. 

Diperkirakan, hal itu disebabkan sebagian pendukung dan simpatisan PDIP berpaling pada Dadan Ramdani. Dengan demikian, Dadan yang maju mendampingi Yamin Supriatna mendapat limpahan dukungan.

Sedangkan pasangan Agus-Syakur (Akur) yang pada survei sebelumnya sempat mengalami kenaikan, kini malah stagnan. Sementara pasangan Dedi Suryadi-Deddy Dores mengalami kenaikan, meski hanya sedikit. Hal ini disebabkan limpahan dukungan atau beralihnya massa pendukung pasangan Agus-Syakur. 

“Belakangan sempat terjadi perpindahan atau peralihan dukungan. Dampaknya, beberapa pasangan yang sebelumnya mengalami kenaikan tren menjadi turun dan sebaliknya. Namun ada juga pasangan yang stagnan,” imbuhnya.

Satu putaran

Dikatakan, berdasarkan hasil survei ini juga ada kemungkinan Pemilukada Garut 2013 berlangsung satu putaran. Ini terjadi apabila partisipasi pemilih di atas 65 persen atau jika tren Rudi-Helmy elektabilitasnya stabil. Tetapi bisa juga berlangsung dua putaran jika tren elektabilitas Memo-Ade atau Agus-Syakur mengalami kenaikan yang signifikan.

Sementara dari sekian calon yang maju pada bursa pemilihan, Deddy Dores mencapai popularitas tertinggi dengan raihan 77 persen, diikuti Rudi Gunawan (65 persen), Memo Hermawan (45 persen), Helmi Budiman (39), dan Agus Hamdani (39 persen). Begitu pun dari sisi aksesibilitas, Deddy Dores masih menempati urutan pertama dengan raihan 55 persen, diikuti Rudi Gunawan (53 persen), Memo Hermawan (38 persen), Helmi Budiman (35 persen), dan Agus Hamdani (29 persen).

“Saat survei kami melibatkan 54 responden perempuan dan 46 responden laki-laki yang terdiri atas lulusan sekolah dasar sebanyak 52 persen, SMP 21 persen, SMA 19 persen, dan lulusan perguruan tinggi 8 persen,” pungkasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com