Ridwan Kamil Sebut Sudah Punya 4 Nama Calon Wakil Gubernur

Ridwan Kamil Sebut Sudah Punya 4 Nama Calon Wakil GubernurWali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta restu ulama Cirebon, untuk maju dalam pemilihan gubernur serentak 2018. Ia juga mengaku sudah punya 4 nama calon wakil gubernur yang akan mendampinginya. Permintaan restu disampaikan, saat menghadiri haul pendiri Pondok Pesantren Balerante Palimanan Kabupaten Cirebon, Mbah Jauhar Arifin Selasa, 16 Mei 2017 malam.

Di hadapan ratusan kiai dan ulama serta santriwan dan santriwati, ia menyatakan mantap maju mencalonkan diri menjadi Gubernur Jawa Barat. Selain memohon restu ulama, pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku, kehadirannya di Cirebon sekaligus belanja aspirasi.

“Intinya saya ini belanja aspirasi ya. Tadi saya dengar ada problem kesejahteraan kaum ulama dan petani yang terjadi sejak tahun 60-an,” katanya. Ia mengungkapkan, memiliki sejumlah program unggulan di Jawa Barat di antaranya adalah, aplikasi petani dan pembayaran zakat online.

“Kalau Allah mengizinkan saya mengabdi di wilayah yang lebih luas, program zakat online akan ditingkatkan, sehingga tidak ada kemiskinan di Jawa Barat. Dan saya akan membuat aplikasi yang namanya “beli beras” sehingga masyarakat membisa beli beras langsung ke petani melalui handphone,” ujarnya.

Saat ini ia mengaku, masih menunggu kabar baik dari partai yang mendukung dirinya maju di Pilgub Jabar, paling tidak setelah Idulfitri. “Sementara ini masih komunikasi saja, rata-rata mereka menyatakan habis Lebaran, semoga ada kabar baik. Tapi katanya, sebaik-baiknya kabar ya habis Lebaran,” tuturnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa partai yang masih aktif komunikasi dan kemungkinan besar akan menjadi partai pengusung. “Dengan Partai Demokrat saya aktif, Partai Hanura juga aktif, PPP aktif, dan dengan PKB kita aktif komunikasi,” katanya.

Empat cawagub

Dari hasil komunikasi, sejumlah nama dari berbagai latar belakang ulama, artis, dan bupati sudah ia terima sebagai pendamping memimpin Jabar. “Ada empat sampai enam nama yang sudah diajukan untuk wakil gubernur. Buat saya yang penting orangnya bisa memimpin, jangan asal beken saja,” tukasnya. 

Sebelumnya, pesantren se-Jabar mendukung Ridwan Kamil maju Pilgub Jabar. Komunitas Pesantren se-Jawa Barat mendeklarasikan dukungan agar Ridwan Kamil bisa mencalonkan diri dalam Pilgub Jabar 2018 melalui jalur perseorangan/independen. Mereka juga menyatakan kesiapannya menjadi ujung tombak mengumpulkan syarat dukungan masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku.

Hal itu terungkap dalam acara Peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW 1438 H. Acara digelar di Pondok Pesantren Paglaran III Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang, Minggu 23 April 2017. Deklarasi Komunitas Pesantren Jabar mendukung Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur Jabar dilakkan dalam acara itu dan dibacakan KH Abdul Halim, Pengasuh Pesantren Al-Bayyinah Garut. Ia menyerahkan naskah deklarasi berisi 7 poin kepada Ridwan Kamil sekaligus mengalungkan sorban.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com