Sepele, Namun Fatal Jika Dilakukan Saat Akan Naik Kereta Api

Sepele, Namun Fatal Jika Dilakukan Saat Akan Naik Kereta Api

Sepele, Namun Fatal Jika Dilakukan Saat Akan Naik Kereta Api – Sumber gambar: petitelefant.com

jatinangorku.com – Kereta api mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik dalam bidang pelayanan yang diberikan ataupun juga sistem pemesanan tiket. Ditambah lagi, harga yang tidak terlalu mahal juga membuat pengeluaran tidak membengkak. Karena hal itu, tidak salah jika banyak sekali masyarakat yang gemar sekali memakai kereta api sebagai transportasinya. Baik itu untuk tujuan wisata atau traveling, pulang kampung, ataupun untuk kerja.

Namun, dengan canggihnya sistem pemesanan dan pelayanannya saat ini, banyak orang lalai dan sering kali mengabaikan hal-hal sepele. Dan jika diabaikan hal-hal sepele ini akan bisa berakibat fatal dan dapat berdampak pada batalnya keberangkatan. Lalu apa sajakah kesalahan-kesalahan sepele yang seharusnya tidak perlu untuk dilakukan itu?

Tidak Membawa KTP

Karena kejahatan dalam transportasi umum semakin marak, pihak kereta api mengharuskan para penumpangnya menunjukkan KTP asli sebelum msuk ke area pemberangkatan. Para petugas akan mengecek identitas asli berupa KTP atau tanda pengenal lainnya. Setiap penumpang yang masuk ke dalam kereta api akan dicek identitasnya satu per satu. Namun cerobohnya, sering kali para penumpang lupa membawa KTP. Padahal, jika tidak membawa KTP, Anda tidak akan bisa masuk.

Jadi untuk mengantisipasi hal ini, selalu bawa tanda pengenal di dalam dompet ataupun tas. Setelah menggunakannya, ingat untuk selalu memasukkanya kembali. Tidak mau bukan keberangkatan gagal dikarenaan tidak membawa kartu identitas?

Tidak Mencetak Tiket Online

Sistem pemesanan tiket kereta api sekarang ini sudah sangat mudah, bisa lewat situs remi PT KAI, melalui customer service, serta KAI Access. Selain bisa pesan melalui pihak kereta api, Anda juga bisa melakukan booking tiket secara online di Traveloka.com. Kenapa memilih Traveloka sebagai tempat memesan tiket kereta api? Harganya sangat murah, pelayananya sangat cepat, dan prosesnya mudah menjadi beberapa faktor Traveloka selalu jadi pilihan utama saat ingin pesan tiket online.

Meskipun sistem pemesanan tiket kereta api secara online sudah sangat mudah, masih saja banyak orang lupa untuk mencetaknya saat berada di stasiun. Jadi bayangkan saja jika sudah lama antri untuk masuk tiket resminya belum dicetak, pasti akan ribet. Terlebih lagi Anda sedang membawa banyak barang, Anda akan semakin kesusahan.

Tidak Tahu Waktu Tempuh Rumah ke Stasiun

Hal remeh lainnya yang sering diabaikan oleh calon penumpang kereta api adalah waktu tempuh rumah ke stasiun. Karena ketidak tahuan inilah, sering kali penumpang ketinggalan kereta. Tidak hanya ketidaktahuan tentang waktu saja, macet juga menjadi salah satu penyebab terlambatnya para penumpang. Seperti yang kita ketahui, kereta memiliki jadwal berangkat yang tepat waktu sehingga tidak akan mentoleransi yang namanya keterlamabatan.

Supaya Anda tidak datang terlambat, siasati untuk berangkat lebih awal 1 jam dari jadwal pemberangkatan kereta api. Hal ini untuk mengantisipasi jika nanti macet di perjalanan dan juga untuk mencetak tiket kereta api jika membelinya secara onine. Tidak jarang, Anda perlu mengantri untuk mencetak tiket secara mandiri, apalagi di high seasons seperti halnya liburan sekolah, Natal, Lebaran, dan lain-lain.

Lupa Meletakkan Tiket Kereta Api

Setelah melakukan cetak mandiri ataupun sehabis membeli, pastikan Anda meletakkan tiket kereta api di tempat yang mudah diingat. Jangan sampai tiket kereta api ini akan meyusahkan Anda nantinya. Tidak jarang, karena sembarangan meletakkan tiket, keberangkatan bisa tertunda ataupun gagal.

Tiket ini tidak hanya digunakan untuk masuk ke dalam kereta api saja melainkan juga nanti ada pengecekan saat di perjalanan. Jadi, jika ceroboh meletakkan tiket kereta api, bisa-bisa Anda akan diturunkan di stasiun berikutnya. Untuk amannya, masukkan saja ke dalam dompet ataupun pouch yang berisi dokumen-dokume penting, agar nantinya Anda tidak kebingungan mencari tiket ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jadi, itulah beberapa kesalahan-kesalahan sepele yang seharusnya tidak perlu dilakukan saat bepergian dengan menggunakan kereta api. Kesalahan-kesalahan di atas memang sangat sepele, namun jika dilakukan bisa berakibat sangat fatal, bisa-bisa keberangkatan Anda dengan kereta api gagal total. Maka dari itu, lakukan persiapan yang matang, simpan barang-barang yang diperlukan, dan selalu cek apapun sebelum berangkat. Semoga perjalanan Anda menyenangkan.