Tenang, Lebaran Enggak Bakalan Kehabisan Uang, BI Siapkan Uang Kertas Hingga Rp 160,7 Triliun

Tenang, Lebaran Enggak Bakalan Kehabisan Uang, BI Siapkan Uang Kertas Hingga Rp 160,7 TriliunBank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang senilai Rp 160,7 triliun, menyusul libur Idulfitri untuk keperluan transaksi perbankan dan penukaran uang.

Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengatakan, terkait hal ini pihaknya telah mengimbau perbankan termasuk yang tergabung dalam Himpunan Bank Pemerintah (Himbara), seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BTN, agar meningkatkan komunikasi dan kualitas jaringan.

Dengan demikian, proses transaksi baik di bank maupun di gerai ATM dapat berjalan lancar dan mempermudah masyarakat.

“Perbankan harus menyiapkan berbagai kebutuhan masyrakat. Mulai dari kebutuhan uang di ATM, penukaran uang edisi baru sampai online banking,” ujar Rosmaya, usai menghadiri kegiatan penukaran uang pecahan edisi baru kerjasama dengan Bank Mandiri di Pendopo Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Sabtu (17/6/2017).

Rosmaya mengatakan, khusus untuk keperluan jelang lebaran, BI dan Bank Mandiri juga melakukan kegiatan penukaran uang di daerah terpencil yang jarang terjamah mobil pelayanan kas keliling.