Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

1.   Ir. Soekarno
Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, merupakan tokoh pada masa perjuangan hingga masa kemerdekaan yang menjadi panutan bagi para pejuang kemerdekaan yang lain. Beberapa peran Bung yaitu menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo, menandatangani teks Proklamasi atas nama bangsa Indonesia  bersama Bung Hatta& membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 2.  Drs. Moh. Hatta
Bung Hattaadalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Bung Hatta adalah teman seperjuangan Bung Karno. Beliau menyusun konsep teks proklamasi dan menandatangani teks Proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Karno.

3.   Mr. Achmad Soebardjo
Achmad Soebardjo Djojoadisurjo adalah Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Mr. Achmad Soebardjo merupakan salah seorang tokoh dari golongan tua yang berperan dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 4.    Laksamana Tadashi Maeda
Laksamana Tadashi Maeda adalah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di Hindia Belanda pada masa Perang Pasifik. Ia melanggar perintah Sekutu yang melarang para pemimpin Indonesia mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 

 

 5.     Sukarni
Sukarni adalah salah seorang tokoh pemuda dan pejuang yang gigih melawan penjajah. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks Proklamasi adalah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia. 

6.     Fatmawati
Fatmawati yang bernama asli Fatima, menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

7.     Sayuti Melik
Sayuti Melik adalah tokoh pemuda yang juga sangat berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi setelah  ia sempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.  

Sbnrnya masih banyak org2 yg sangat berperan thdp kemerdekaan RI, terutama pahlawan2 yg bnyk gugur di medan perang

Sumber : http://flux-design.us