10 Petenis Berpenghasilan Terbesar

by -27 views

10 Petenis Berpenghasilan Terbesar

Jatinangorku.com – Ajang grand slam AS Terbuka dimulai minggu ini dengan total hadiah sebesar US$34,3, naik sekitar 37% dari tahun lalu. Juara tunggal putra dan putri masing-masing akan mengantongi hadiah US$2,6 juta. Jumlah yang sangat besar, namun tidak ada apa-apanya jika dibanding penghasilan para petenis top dunia di luar lapangan. Apalagi selain endorsement dengan brand-brand beken global.

Dalam daftar 10 petenis berpenghasilan besar di dunia versi Forbes, yang dihitung dari Juni 2012 hingga Juni 2013, total pendapatan mereka dari hadiah sebesar US$60. Namun jika melihat uang mengalir dari luar lapangan, jumlahnya bisa mencapai tiga kali lipat. Petenis Swiss Roger Federer memimpipn daftar dengan pendapatan US$71,5 juta. Dari jumlah tersebut, pendapatan dari hadiah “hanya” US$6,5 juta.

Federer dianggap sebagai ikon impian para brand. Selain punya tampang dan tidak pernah buat kontroversi, ia fasih berbahasa Inggris. Nike adalah lumbung terbesar Federer dengan kontrak US$10 juta per tahun. Selain Nike masih ada 9 brand lagi yang melakukan endorsement terhadap Federer, termasuk Mercedes-Benz. Pada bulan Desember tahun lalu ia melakukan tur ke Amerika Selatan dan mengumpulkan US$14 lewat 6 pertandingan di 3 kota.

Petenis tangguh asal Rusia Maria Sharapova menduduki posisi berikutnya dengan total pendapatan US$29 juta. Ia juga berpredikat sebagai atlet perempuan berpenghasilan terbesar dunia. Pundi-pundinya mulai terisi ketika ia menjuarai turnamen bergengsi Wimbledon di usia 17 tahun pada 2004. Brand yang berpatner dengannya ada Nike, Head, Samsung, Tag Heuer, Evina, dan pada April lalu Porsche resmi meng-endorse dirinya. Petenis jangkung nan ayu ini juga punya brand permen bernama Sugarpova.

Sementara petenis nomor 1 dunia Novak Djokovic hanya berada di urutan ketiga dengan pendapatan US$26,9 juta. Pada tahun 2012 lalu ia menghasilkan pendapatan dari hadiah sebesar US$12,8 juta. Uniqlo, Adidas, Head, dan Audemars Piguet adalah daftar brand yang menggunakan petenis asal Serbia tersebut. Saingannya di lapangan, Rafael Nadal, menempati posisi keempat dengan penghasilan US$26,4 juta.

Serena williams menjadi satu-satunya petenis Amerika Serikat yang ada di daftar di posisi kelima dengan pendapatan US$20,5 juta. Yang paling mengejutkan adalah petenis Jepang Kei Nishikori yang sebenarnya hanya mencapai perempatfinal Grand Slam di Australia Terbuka 2012. Ia menghasilkan US$1,5 juta dari hadiah, sementara dari brand sebesar US$9 juta lewat kontrak dengan Uniqlo, Adidas, Wilson, dan Tag Heuer. Ia ada di posisi kesepuluh.

Petenis wanita fenomenal asal China menempati posisi keenam dengan raihan US$18,2 juta, dengan US$15 juta dihasilkan dari endorsement. Posisi 7, 8, dan 9 berturut-turut diisi oleh Victoria Azarenka (US$15,7 juta), Andy Murray (US$14,9 juta), dan Caroline Wozniacki (US$13,6 juta).

Sumber : http://the-marketeers.com