10 Produk UKM Sumedang Tembus Pasar Modern

by -646 views



Sumedang – Sebanyak sepuluh produk makanan ringan dari Usaha Kecil Menengah dapat menembus penjualan di pasar modern yaitu supermarket. Produk-produk ini berasal dari 5 produsen.

“Sudah 10 produk UKM dari 5 produsen yang dijual di supermarket, semuanya berasal dari Sumedang,” kata Manajer Toserba Griya Yogi Fremadi, Rabu (8/8/2012).

Produk-produk tersebut diantaranya opak, emping mentah dan kerupuk atau keripik emping, cireng dan telur asin. Menurut Yogi, pihaknya selalu terbuka dan bersedia menjual produk-produk UKM yang ada di Sumedang asalkan produk dan kemasannya sudah memenuhi standar supermarket. Standar supermarket tersebut, kata Yogi, tidaklah sulit, diantaranya sudah mempunyai kode dan lolos dari uji kesehatan, sertifikat halal dan dikemas dengan aman dan menarik.

“Standar dan ketentuannya tidak sulit, terbukti banyak produk UKM yang kami jual dan memang laku,” tuturnya.

Sayang, banyak produsen yang enggan memenuhi kualifikasi dan standar supermarket, padahal dari segi cita rasa sangat enak. Hal ini, menurut Yogi, produsennya tidak serius atau berkeinginan besar untuk memasarkan produknya di supermarket.

Sementara dari segi penjualan, produk UKM ini cukup tinggi, dari jumlah order sebanyak 20 pieces per dua minggu, biasanya produk tersebut terjual habis.[ang]

sumber : inilahjabar.com