110 Penyuluh Pertanian Ikuti Pelatihan

by -26 views

110 Penyuluh Pertanian Ikuti Pelatihan

Jatinangorku.com – Sebanyak 110 tenaga penyuluh pertanian mengikuti pelatihan di delapan Unit Pelaksana Teknis Pengendali Progam Penyuluhan (UPT PPP) di sejumlah kecamatan di Kab. Bandung. Pelatihan ini di bawah binaan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Kab. Bandung.

Delapan lokasi pelatihan tersebar di UPT PPP Wilayah Solokanjeruk, Cikancung, Banjaran, Bojongsoang, Cilengkrang, Pacet, Ciwidey, dan Soreang. Kegiatan dilangsungkan dengan praktik lapangan mulai 2 – 23 September mendatang.

Khusus di UPT PPP Wilayah Solokanjeruk melibatkan Fasilitator Pelatihan Metodologi Penyuluh Pertanian Partisipatif Balai Besar Pelatihan dan Pertanian Lembang Kabupaten Bandung Barat, Oman Abdurachman, M.P. serta pihak terkait lainnya.

Sekretaris BKPPP Kab. Bandung, Hj. Gina Haryati, M.Pd. didampingi Kabid Programa, Ir. Jumhana dan Kepala UPT PPP Wilayah Solokanjeruk, Ate Ruswan Nugraha, S.P. mengatakan, pendidikan dan pelatihan (diklat) yang melibatkan petugas penyuluh lapangan itu upaya pemerintah daerah meningkatkan kompetensi.

“Penekanan pelatihan bagi penyuluh diutamakan pada pelatihan keterampilan dalam meningkatkan kompetensi, sebagai tuntutan tugas dan fungsi yang diemban serta permasalahan yang dihadapi di lapangan,” kata Gina kepada “GM”, Selasa (3/9).

Menurut Gina, pengembangan metodologi yang bersifat inovatif akan lebih merespons kebutuhan dan aspirasi petani maupun penyuluh pertanian. “Para penyuluh pertanian juga akan termotivasi untuk menggali sumber informasi setempat yang mudah diakses,” katanya.

Dengan pendekatan partisipatif, kata dia, semua potensi sumber daya di wilayah masing-masing dapat dikaji. Pengkajian dilihat dari sisi kelemahan, kekuatan, permasalahan, peluang, dan capaian yang diinginkan.

“Dikembangkan pula pemecahan masalah, serta alternatif program yang akan dikerjakan”, ujarnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com