12 Anak Jabar Lolos ke Laga Sepakbola di Brazil

by -81 views

Jatinangorku.com – Sebanyak 12 anak asal Jawa Barat yang tergabung dalam Sekolah Sepak Bola ASAD 313 mewakili Indonesia untuk berkancah dalam kompetisi sepak bola dunia U-12 di Brazil pada 5-17 November mendatang.

Pembina ASAD 313 Ahmad Arif Imamulhaq menyatakan 12 anak tersebut siap bertanding dengan tim sepakbola di 21 negara di dunia. Menurut dia, tim binaan SSB ASAD ini merupakan juara nasional dari ajang kompetisi Aqua Danone Nation Cup di Indonesia.

“Kita terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk bertanding tingkat dunia yang diselenggarakan di Brazil,” tutur Ahmad di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/10/2014).

Sebelum bertolak ke Brazil, kata Ahmad, anak didiknya itu akan mendapat pelatihan dulu di Malang dari mulai 27 oktober hingga tanggal 5 November. Bahkan, 12 anak tersebut akan mendapatkan arahan langsung dari pelatih Persipura Jackson F Tiago yang juga pria asal Brazil.

“Jackson sebetulnya sudah ketemu mereka di training camp di Purwakarta pada minggu lalu. Mereka diberikan arahan selama 2 hari. Di mana mereka harus menyisati kalau ada psywar dari lawan, tapi kalau teknik sebetulnya sudah dikuasai dan di atas rata rata,” jelas dia seraya menargetkan menjadi juara dunia di Brazil.

ASAD sendiri merupakan singkatan dari Asli sepakbola anak desa. Hal itu sesuai dengan proses terbentuknya ASAD di tahun 2010 yang merupakan kumpulan anak anak desa yang potensial. Sementara untuk 313, itu merupakan kode.

“Itu (313) merupakan jumlah pasukan nabi Muhammad di perang badar yang jumlah pasukannya hanya 313 orang,” tutur dia.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku bangga pada tim Asli Sepak Bola Anak Desa (ASAD) 313 Purwakarta, yang akan mewakili Indonesia pada kejuaraan tingkat dunia di Brazil, 11 November mendatang.

“Jadi, terutama saya merasa bangga atas prestasi kalian. Ini untuk usia 12 tahun, menjadi juara seluruh Indonesia, ini bukan prestasi ala kadarnya, ini bukan prestasi yang sangat mudah. Mungkin banyak sekali tahapan-tahapan kompetisi, jadi kalian sudah diuji dari sebuah proses kompetisi yang begitu ketat, jadi makanya saya juga percaya kalian punya mental yang kuat, mental baja, mental juara,” tutur dia.

ASAD yang beranggotakan anak-anak usia 12 tahun asal Purwakarta ini berkesempatan untuk mengikuti kejuaraan di Brazil, setelah unggul dari 8.350 tim dari seluruh Indonesia, dan menjadi juara pertama di tingkat nasional. Bahkan striker tim ASAD, Yadi Mulyadi, menyandang predikat sebagai pemain terbaik se-Indonesia.

Pria yang akab disapa Demiz ini, mengungkapkan, keberhasilan tim ASAD asal Jawa Barat ini merupakan sebuah prestasi sangat menginspirasi kemajuan olah raga di Jawa Barat, khususnya di bidang sepak bola.

“Ini prestasi yang luar biasa dari anak-anak Purwakarta. Asli Sepak bola Anak Desa, yang langsung bisa ke Brazil, ke tingkat dunia. Ini kan luar biasa,” tutupnya

Sumber : http://www.inilahkoran.com/