125 Kepala Desa Lampung Selatan Ikuti Bimtek di Jatinangor

by -17 views

 

Jatinangor, Bandung Media

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terus menunjukkan kepeduliannya kepada aparatur desa. Buktinya, dari 251 kepala desa (Kades), pemkab memberangkatkan sebanyak 125 aparatur desa tersebut untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) ke Jatinangor, Jawa Barat. Bimtek yang digelar di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, itu akan dilaksanakan selama 3 hari yakni, dari tanggal 30 Maret–2 April 2012.

Kepala Bagian Otonomi Daerah Pememerintah Kabupaten Lampung Selatan, Drs. Suhendar, M.Si. mengatakan, tujuan dilaksanakannya bimtek bagi para Kepala Desa untuk meningkatkan kemampuan para pamong desa tersebut dalam ilmu pemerintahan. Baik secara teori maupun secara praktis.

Bimtek juga dilaksanakan untuk peningkatan kapasitas Kades melalui ilmu-ilmu kepemimpinan. “Ini merupakan program pemkab. Dengan bimtek ini, ke depan aparatur pemerintahan desa dapat menjalankan tugasnya dalam membangun desa,” kata Suhendar.

Tujuan lain dari kegiatan itu adalah agar para Kepala Desa dapat mempelajari manajemen pemerintahan desa dan ilmu praktis kepamongprajaan serta melihat secara langsung desa berprestasi.

Suhendar menjelasakan, Kepala Desa yang diberangkatkan mengikuti bimtek itu berasal dari 17 kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan. “Sebagai ujung tombak pemerintah di tingkat desa, peran Kades sangat diperlukan untuk pembangunan di Lamsel. Sebab, keberhasilan pembangunan di kabupaten itu juga bergantung dari pembangunan desa,” tuturnya.

Disinggung mengenai Kepala Desa yang belum bisa mengikuti bimtek, Suhendar menegaskan, ke depan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan mengupayakan agar seluruh Kepala Desa di Lampung Selatan dapat mengikuti program tersebut. “Itu akan kita upayakan. Mudah-mudahan tahun depan Kades yang belum bisa mengikuti dapat diberangkatkan sehingga program penguatan otonomi desa dapat berjalan dengan optimal,” ungkapnya. (radarlampung)

Sumber : BandungMedia