150 Kasus Pungli Terjadi di Jawa Barat Selama Empat Bulan

by -71 views

Satgas Saber Pungli Jawa Barat dalam kurun waktu November 2016- Februari 2017 mencatat 159 kasus Oprasi Tangkap Tangan (OTT) di seluruh wilayah Jawa Barat.

Dikatakan Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Jawa Barat Kombes Pol Rusli Hedyaman dari jumlah tersebut, sembilan diantaranya tindakan yang dilakukan oleh Satgas Saber Pungli Jawa Barat, sedangkan 150 lainnya dilakukan oleh Satgas Saber Pungli di Kabupaten/kota seluruh Jawa Barat.

“150 kasus ditangani oleh daerah 9 oleh Kami,” tutur Rusli, di Gedung Sate, Rabu (1/3/2017).

Dia menjelaskan dari 159 kasus tersebut ditangkap juga 383 pelaku pungli yang terdiri dari 3 orang anggota Polri, 1 PHL, 1 anggota TNI, 42 PNS dan 331 masyarakat.

“Barang bukti yang diamankan ada uang sejumlah Rp621.168.200 dan 154 berkas,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, kota/kabupaten yang terjadi terbanyak OTT adalah Kabupaten bogor dengan 44 kasus disusul Kota bogor dengan 37 kasus.

Sementara itu, berdasarkan kasus dengan jumlah uang paling besar yang disita oleh pihaknya, sampai saat ini Kota bandung masih memegang rekor dengan barang bukti uang sebanyak Rp261.770.000 diamankan dalam kasus yang melibatkan mantan Kepala dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu dan Pelayanan Satu Atap.

Untuk itu pihaknya akan melakukan langkah sosialosasi terhadap satgas dan pemerintahan di seluruh Kabupaten/ Kota agar meningkatkan pemahaman terkait pelayanan publik, agar selanjutnya tidak ada lagi aparat pemerintahan yang nekat melakukan pungutan liar dalam tugasnya.

“Ternyata mungkin perlu pemahaman kepada para satgas yang mengawaki terkait pelayanan publik ini harus paham , terkait jangan melakukan pungutan liar, atau kegiatan yang diluar aturan,” pungkasnya