150 Kilometer Jalan di Sumedang Masih Rusak, Mulai Diperbaiki Tahun Depan

by

 Sekitar 20 persen jalan di Kabupaten Sumedang masih banyak mengalami kerusakan.

Ada sepanjang 150 kilometer jalan rusak dari total 750 kilometer di Kabupaten Sumedang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Jabar, dari total jalan rusak itu, 8 persen jalan rusak berat sedangkan 12 persen rusak ringan.

Kepala Seksi Perencanaan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sumedang, Hary Bagia, mengatakan jalan-jalan rusak tersebut diperbaiki secara bertahap pada 2019.

Menurutnya, beberapa jalan rusak yang rencananya diperbaiki pada tahun depan antara lain Jalan Gudang Cijambu dan Jalan Citengah- isoka.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan 150 kilometer kira-kira Rp 300 miliar,” kata Hary ketika dihubungi, Selasa (6/11/2018).

Diberitakan sebelumnya, warga Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, berharap pemerintah memperbaiki jalan mengalami kerusakan selama bertahun-tahun di kampung itu.

 

Berjarak 26 kilometer dari pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Dusun Cisoka tak mudah untuk dikunjungi karena terlebih dahulu harus melewati jalan rusak, bebatuan tanpa pembatas jalan.

Di sekitar jalan sepanjang 7 kilometer sebelum Dusun Cisoka, tidak dijumpai permukiman warga serta sama sekali tidak ada penerangan jalan umum (PJU).

Dusun Cisoka adalah desa terakhir sebelum perbatasan antara Kecamatan Sumedang Selatan dengan Kecamatan Cibugel. Sebelum mencapai dusun ini, terlebih dahulu harus melintasi jalan perbukitan yang terjal.

Akibat kondisi menyulitkan itu, warga khawatir  berpergian ke wilayah Sumedang kota, karena khawatir terperosok akibat rusaknya jalan tersebut.

“Kondisinya (jalan) seperti sungai kering,” kata Ketua Rukun Tetangga Dusun Cisoka, Yani, Kabupaten Sumedang, Minggu (4/11/2018).

Yani beberapa kali warga dijanjikan perbaikan jalan oleh pemerintah namun hingga saat ini belum direalisasikan

 

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com