2 Kabupaten Harus Bertanggung Jawab Atas Banjir Di Jatinangor

by -17 views

 

 

Banjir yang menggenangi ratusan rumah warga di empat desa di wilayah Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat pada Selasa, 8 Maret, perlu mendapat perhatian pemerintah dua kabupaten, yakni Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung.

Camat Jatinangor, Maman Wasman, meminta pemerintah Kabupaten Sumedang berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Bandung. “Hingga saat ini akar permasalahannya tidak tersentuh dengan tuntas,” kata Maman saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/3/2016).

Sejumlah desa yang kerap dilanda banjir adalah Desa Cipacing, Cikeruh, Sayang dan Hegarmanah. Maman mengatakan pada APBD 2016 sudah dianggarkan normalisasi sungai untuk mengatasi banjir.

“Akan ada kegiatan normalisasi Sungai Cikeruhdengan anggaran Rp200 juta, penataan saluran air anak sungai sebesar Rp300 juta,” kata dia.

Namun, Maman pesimistis normalisasi akan optimal jika sungai di Kabupaten Bandung tidak dinormalisasi.

“Di wilayah Kabupaten Bandung terjadi penyempitan sungai di Bojongpulus, Bojongjati, dan Bojongloa, sehingga air tidak bisa langsung masuk ke sungai. Air malah akan naik ke permukiman warga,” kata dia.