20 Mahasiswa Ikopin Peroleh Beasiswa Eka Tjipta Foundation

by -28 views


JATINANGOR (GM) – Sebanyak 20 mahasiswa Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) memperoleh beasiswa dari Eka Tjipta Foundation (ETF). Bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang berpotensi tersebut tertuang dalam nota kesepahamanan dan secara disimbolis diserahkan di kampus Ikopin Jatinangor, Kab. Sumedang, Jumat (13/7).

Hadir pada kesempatan tersebut, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, Rektor Ikopin Burhanuddin Abdullah didampingi jajaran civitas akademika, dan dari ETF diwakili Sulistiyanto.

Menteri M.S. Hidayat kepada wartawan menyatakan, pihaknya memberikan dorongan kepada perusahaan yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan dalam memberikan beasiswa. “Saya sengaja ke sini untuk menyaksikan nota kesepahaman dan ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya,” katanya.

Ia juga yakin Rektor Ikopin saat ini mampu mengajak perusahaan untuk berkiprah dan peduli pada mahasiswa. “Saya yakin Rektor Ikopin Burhanuddin mampu menggandeng perusahaan-perusahaan lain,” katanya.

Sementara itu, Burhanuddin Abdulah kepada “GM” menyatakan, pihaknya bersyukur dengan adanya kepercayaan dari beberapa perusahaan dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM). “Sejumlah lembaga perbankan juga telah menunjukkan kepedulian seperti ini. Salah satunya Bank Indonesia yang telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Ikopin,” katanya.

Beasiswa tidak hanya untuk mahasiswa S1, melainkan juga S2 dan S3. “Khusus pemberian dari ETF ini, para mahasiswa mendapat beasiswa sejak awal perkuliahan hingga selesai,” katanya.

Sedangkan pihak ETF melalui Sulistiyanto mengatakan, pihaknya fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran guna membuka akses yang lebih luas bagi para mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. “Akses kami ke perguruan tinggi semakin terbuka lebar,” katanya.

Selain itu, 146 sekolah tingkat usia dini hingga sekolah menengah atas di sekitar perkebunan sawit atau yang lebih dikenal dengan sekolah kebun dengan melibatkan 1.000 orang guru juga telah tersentuh beasiswa. “Khusus perguruan tinggi, hingga kini ada 2.122 mahasiswa yang mendapat beasiswa,” pungkasnya.

Selain nota kesepahaman, digelar juga bazar 5.000 liter minyak goreng seharga Rp 9.000 untuk masyarakat sekitar.

Sumber : klik-galamedia