2014, Inkubator Bisnis ITB Berdiri di Jatinangor

by -313 views



JATINANGOR (31/8)

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan bersama dengan Komite Inovasi Nasional (KIN) pihaknya segera mewujudkan pusat inkubator bisnis yang diberi nama Bandung Raya Innovation Valley (BIV) pada 2014.

Sementara untuk tempatnya sendiri direncanakan di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

“Dalam proyek ini kami sudah sediakan tempat di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Namun lokasi tersebut saat ini masih harus dipertimbangkan lagi, karena pemerintah kota Bandung menginginkan letaknya di Bandung,” kata rektor Akhmaloka saat ditemui wartawan di ITB, Jalan Ganecha Kota Bandung, Jumat (31/8/2012).

Akhmaloka mengatakan untuk di Jatinangor sendiri lahan dekat kampus ITB dengan luas 13 hektare sudah disiapkan jika diperlukan. Tapi pihaknya, mengaku senang sekali jika Pemkot Bandung dapat menyediakan lahan di dalam kota.

“BIV nantinya akan mempertemukan para peneliti dari Perguruan Tinggi kepada dunia industri dengan dukungan pemerintah. Selain itu dengan adanya BIV, industri dan akademisi akan berkumpul membuat berbagai cikal bakal perusahaan yang dikembangkan dari hasil inovasi yang ada di Perguruan Tinggi atau di lembaga riset lainnya, “ ujarnya

Lebih lanjut dia menambahkan wadah semacam ini sudah lumrah di luar negeri dan biasa disebut innovation park atau techno park. Dalam hal ini BIV, tidak hanya menggandeng perusahaan lokal saja melainkan juga perusahaan asing dan direncanakan turut merangkul pula Perguruan Tinggi lainnya.

Sementara itu berperannya ITB dalam proyek BIV, karena Akhmaloka ditunjuk oleh KIN dalam penangan BIV. [ito]

sumber : inilah-jabar