21 Ribu Personel Disiapkan untuk Amankan Pilkada 2018

by -21 views
ANDRI GINTING/SUMUT POS- Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2012 dalam rangka Pengamanan Hari Natal 2012 dan Tahun Baru 2012 di Lapangan Merdeka, Medan, Jumat (21/12).

Polda Jabar dan jajaran siap untuk mengamankan kegiatan pesta demokrasi Pilkada serentak 2018 yang akan berlangsung di Jawa Barat.

 
Hal itu diungkapkan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto usai melaksanakan gelar pasukan Operasi Mantap Praja Lodaya 2018, dalam menghadapi Pilkada serentak Jabar 2018, di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Jumat (5/1/2018).
 
“Intinya kita suap siap untuk mengamankan (Pilkada serentak 2018),” katanya kepada wartawan.
 
Jenderal bintang dua ini menyebutkan, untuk mengawal dan mengamankan Pilkada serentak pihaknya menerjunkan 21.438 personel Polda Jabar dan jajaran. Selain kesiapan personel, sarana dan prasarana pun sudah disiapkan.
 
Pengamanan Pilkada akan dilakukan sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan oleh KPU, begitu juga jumlah penempatan personelnya. Paling banyak disiagakan saat tahapan pemungutan suara.
 
“Karena ada 60 ribu lebih TPS di Jabar. Personel yang kita siagakan lebih banyak. Tentunya saat kampanye juga kita siapkan,” ujarnya.
 
Selain personel Polri, lanjutnya, dalam pelaksaannya Kepolisian juga dibantu dua ribu lebih personel TNI, KPPS serta linmas.