22% Pemilih di Jabar Tak Tahu Kapan Pilpres

by -16 views

22% Pemilih di Jabar Tak Tahu Kapan Pilpres

Jatinangorku.com – Sekitar 22 persen pemilih Jabar belum mengetahui tanggal pencoblosan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Tetapi mereka mengetahui kalau tahun ini akan digelar Pilpres untuk mengganti kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Berdasarkan survei Rectroverso Institute yang digelar 6-14 Juni 2014 terhadap 800 responden dengan metode multi stage random sampling di 11 daerah pemilihan (Dapil) Jabar, 26 kabupaten, 80 kecamatan, dan 400 RT, ada 22 persen warga belum mengetahui tanggal Pilpres 2014.

“Tanggal 9 Juli merupakan waktu pencoblosan Pilpres 1014. Dari survei, sebanyak 78 persen masyarakat Jabar mengetahui waktu pencoblosan,” kata Peneliti Rectroverso Institute Zaenal Arifin dalam konferensi pers Survei Partisipasi Politik Masyarakat Jabar Jelang Pilpres 9 Juli 2013 di Bober Cafe Jalan LLRE Martadinata Kota Bandung, Selasa (17/6/2014).

Menurut Zaenal, masyarakat belum mengetahui tanggal pencoblosan karena kurangnya sosialisasi dari pihak terkait, khususnya KPU. Memang tugas tersebut tidak mudah karena Jawa Barat memiliki wilayah sangat luas dengan jumlah penduduk cukup padat.

“Tugas KPU untuk menyosialisasikan kepada masyarakat. Sosialisasi melalui media massa belum tentu efektif karena tidak semua masyarakat mampu mengaksesnya. Perlu cara lain,” tandasnya.

Zaenal menyarankan, KPU memanfaatkan petugas PPK atau PPS yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam menyosialisasikan tanggal pencoblosan Pilpres 2014. 

Sumber : http://www.inilahkoran.com/