25 Ribuan Personel Dikerahkan untuk Pengamanan Natal-Tahun Baru di Jabar

by -26 views

Polda Jawa Barat menggelar apel besar pasukan pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (22/12/2016). Seluruh unsur yang terlibat hadir dalam kesempatan itu.

Gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru bersandi Operasi Lilin Lodaya 2016 itu dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. Tampak juga mendampingi sejumlah petinggi unsur instansi yang terlibat.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan sebanyak 25.139 personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Lilin Lodaya 2016. Puluhan ribu personel itu disebar di seluruh wilayah di Jabar mengamankan natal dan tahun baru.

Yusri menjelaskan rincian personel gabungan tersebut antara lain 15.047 Polri. Sisanya merupakan personel TNI, Dishub, Satpol PP, Damkar, dan unsur masyarakat lainnya. Kekuatan penuh dikerahkan untuk keamanan di Jabar.

“Sasaran yang diamankan 683 gereja, 218 tempat peribadatan, 435 hotel dan tempat-tempat wisata,” kata Yusri kepada wartawan di sela-sela apel.

Ia menuturkan pihaknya juga akan melakukan sterilisasi gereja H-1 perayaan Natal. Selain itu, tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jabar juga akan menyisir pusat keramaian untuk mengantisipasi aksi teror.

“Kita akan sterilisasi terkait dengan teroris, karena sasarannya instansi pemerintahan yang ada dan aparat keamanan,” ungkap dia.

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan patroli untuk mengantisipasi gangguan keamanan seperti geng motor dan kejahatan jalanan lainnya.

“Patroli juga akan kami tingkatkan demi kenyamanan masyarakat yang berlibur di Jabar,” kata Yusri.