30% Warga Sumedang Belum Tersentuh Program JKN

by

BUPATI Sumedang, H. Dony Ahmad Munir menegaskan, seluruh masyarakat dipastikan dan harus terfasilitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal itu disampaikan Dony usai membuka acara sosialisasi optimalisasi JKN menuju Universal Health Coverage (UHC) di Ballroom Asia Plaza, Rabu (21/11/2018). Dikatakan Dony, dari sekitar 1,2 juta jiwa warga Sumedang, tinggal 30% yang belum tersentuh JKN.

Oleh sebab itu, sejumlah pihak terkait harus lebih giat lagi, melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menjadi peserta JKN. “Tidak terkecuali Camat dan Kepala Desa, mereka harus lebih aktif lagi, mensosialisasikan Program JKN. Sehingga sebagai mana target Pemerintah Pusat, per Juli mendatang, seluruh masyarakat sudah dapat mengakses pelayanan JKN,” katanya.

Sementara itu, soal tunggakan premi BPJS (Badan Pelayanan Jaminan Sosial) yang menjadi beban APBD Kab.Sumedang sekitar Rp.70 milyar, akan dibayar secara bertahap.

Meski tidak menyebutkan besaran nominalnya, namun Dony menyebutkan jika dalam APBD Perubahan, telah mengalokasikan anggaran untuk membayar BPJS. ” Pada APBD Murni 2019, akan kita alokasikan untuk membayar sisanya. Dan tentunya, itu sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah, untuk melunasinya,” ujarnya.

 

 

 

 

Sumber : http://www.galamedianews.com