4 Makanan Yang Dapat Mengganggu Pencernaan

by -15 views

4 Makanan Yang Dapat Mengganggu Pencernaan

 

Jatinangorku.com – Gangguan pencernaan atau masalah lambung, perut kembung serta gangguan pencernaan sering menghampiri bersamaan. Menjalankan Program Diet yang tidak pas serta mengonsumsi makanan tak menyehatkan merupakan faktor penyebab terjadinya gangguan pencernaan.

Terjadinya gangguan pencernaan terhadap seseorang seperti rasa mulas tentu bisa mengganggu aktivitas serta terkadang dapat menyebabkan beberapa kejadian memalukan seperti halnya sering buang angin. Pada umumnya gangguan pencernaan tersebut disebabkan oleh berlebihnya asam dalam lambung, sehingga mengakibatkan refluks asam atau yang dikenal dengan rasa mulas.

Ketika kondisi anda tidak bagus atau kurang sehat serta memiliki kondisi perut yang mudah mulas atau sensitif sebaiknya perlu menghindari mengonsumsi makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan seperti mulas dan kembung. Seperti dilansir dari laman Caring, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan / minuman yang gampang memicu rasa mulas, kembung, masalah lambung atau yang dikenal dengan gangguan pencernaan:

Makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas dapat diketahui dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan gas. Oleh sebab itu sebaiknya hindarilah asupan makanan pedas yang banyak mengandung bubuk cabai serta rempah-rempah bubuk. Sebab, asupan rempah-rempah sulit untuk dicerna oleh perut dan bisa mengakibatkan masalah pada lambung.

Makanan berlemak dan berminyak
Makanan berlemak dan berminyak sering merupakan salah satu faktor pencetus gangguan pencernaan serta gas dalam perut. Kumpulan minyak pada perut dapat menyebabkan refluks asam serta memicu gangguan pencernaan secara berkala.

Sewaktu kondisi badan anda tidak fits, sebaiknya hindari makanan cepat saji seperti halnya kentang goreng, burger, daging panggang, keripik kentang, mentega, serta beberapa makanan ringan lain, sebab tingginya kandungan lemak serta minyak di dalamnya dapat memicu munculnya gangguan kesehatan dalam pencernaan.

Teh dan Kopi
Mengonsumsi kopi dan teh ketika tubuh sedang tidak sehat terutama jika perut memiliki sensitifitas yang tinggi (mudah kembung) sebaiknya dihindari terlebih dahulu, terutama pada seseorang yang kecanduan minum teh dan kopi dalam interval yang pendek. Hal ini dikarenakan minuman tersebut dapat memicu tingginya asam dalam lambung, terlebih ketika mengonsumsi teh dan kopi dalam keadaan perut masih kosong.

Lobak dan Kubis
Asupan makanan seperti lobak dan kubis merupakan jenis sayuran yang menyehatkan tubuh serta memiliki banyak manfaat. Akan tetapi perlu diketahui juga bahwa makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti halnya perut kembung serta terganggunya sistem pencernaan. Untuk menghindari terjadinya gangguan pencernaan sebaiknya mengolahnya dengan cara direbus, dengan cara ini maka akan dapat membantu anda dalam memperoleh protein serta dapat mencegah gangguan pencernaan.