40 Persen PNS Sumedang Belum Sadar Bayar Zakat

by -79 views

Setidaknya 40 persen dari kurang lebih 6.000 orang pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Sumedang yang belum menuaikan kewajibannya untuk membayar zakat profesi atau penghasilan senilai 2,5 persen dari gaji pendapatannya.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang, Ali Badzri mengatakan, dari 6000 PNS yang sudah nisab tersebut baru 60 persen yang sudah memenuhi kewajibannya. Pembayaran zakat penghasilannya tersebut melalui bendahara mau pun melalui bank.

“Dari pembayaran zakat penghasilan itu, setiap tahunnya kami bisa mengumpulkan sekitar Rp 8 miliar. Kalau semua bayar bisa lebih dari Rp 12 milar,” ujar Ali saat ditanyai Tribun usai sosialisasi dan edukasi zakat di Kantor Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Selasa (7/2/2017).

Untuk PNS yang belum nisob, ujar Ali, maka diinsturksikan untuk membayar infaq dan sodakoh senilai Rp. 2000 per harinya. Pembayaran infaq dan sodakoh untuk PNS yang belum nisob tersebut merupakan program Pemkab Sumedang dan Baznas Sumedang.

“Bayangkan, jika uang Rp 2000 dikumpulkan itu nominalnya bisa ratusan juta setiap tahunnya. Dan tentunya bisa membantu pemerintah dalam program mengentaskan kemiskinan,” kata dia.