465 ASN Terima Penghargaan di Hari Jadi Sumedang

by -38 views

Upacara peringatan Hari Jadi Sumedang yang ke-439 tahun 2017 di depan Alun-alun Sumedang, Senin, 17 April 2017, diisi dengan pemberian penghargaan kepada 465 orang ASN (Aparatur Sipil Negara/ PNS) yang naik pangkat. Selain itu juga, pemberian santunan kepada kaum duafa sebesar Rp 985 juta dari Baznas Kabupaten Sumedang bersumber dari titipan zakat para muzaki, donator dan dermawan.

Santunan itu, antara lain berupa pemberian bantuan beras dan sembako kepada 700 orang tukang becak senilai Rp 35 juta. Bantuan perbaikan 49 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) senilai Rp 490 juta. Bantuan pendidikan bagi siswa kurang mampu tingkat SD sebanyak 1.200 siswa senilai Rp 360 juta, dan 200 siswa SMP (Rp 100 juta).

Selain itu, Bupati Sumedang Eka Setiawan menandatangani prasasti sejumlah projek pembangunan fisik tahun anggaran 2016 yang bersumber dari APBD Kab. Sumedang maupun bantuan anggaran pusat dan provinsi.

“Dalam memperingati Hari Jadi Sumedang yang ke-439 ini, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh elemen masyarakat yang telah menciptakan situasi aman, tentram dan kondusif. Saya juga mengajak kepada seluruh aparatur untuk tetap fokus melayani masyarakat. Masyarakat menggaji kita semua, tentunya tidak sia-sia. Kita harus menguras tenaga dan pikiran untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Ini sesuai tema hari jadi, ‘Mari Berkarya untuk Kabupaten Sumedang Tercinta’,” ujar Eka disela-sela “Upacara Peringatan Hari Jadi Sumedang yang ke-439 tahun 2017” di depan Alun-alun Sumedang, Senin, 17 April 2017.

Dia menuturkan, dari tahun ke tahun Kabupaten Sumedang mengalami perubahan ke arah lebih baik. Hal itu, diwujudkan dengan pembangunan fisik dan non fisik. Seperti di antaranya perbaikan embung senilai Rp 198 juta di Desa Ujungjaya dan Sakurjaya, Kecamatan Ujungjaya.

Kemudian renovasi bangunan rawat inap Puskesmas Tomo senilai Rp 325 juta, pembangunan rehabilitasi gedung Pasar Darmaraja (Rp 1,7 miliar), pemagaran halaman kantor Kecamatan Jatigede (Rp 130 juta), dan penggantian Jembatan Rancapurut di Kecamatan Sumedang Utara Rp 7,42 miliar.

Ada juga projek dari bantuan anggaran pusat, di antaranya perluasan sawah seluas 250 hektare di Kecamatan Ujungjaya kerjasama antara Pemkab Sumedang dengan Kodim 0610/Sumedang. Pembangunan gedung pelayanan jantung terpadu dan gedung administrasi di RSUD Sumedang.

“Semua projek yang dikerjakan melalui SKPD dan Unit Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa totalnya 5.515 paket dengan nilai kontrak Rp 768 miliar,” tuturnya.

Disinggung pembangunan fisik monumental yang sedang dan akan dibangun, Eka mengatakan, pembangunan gedung pelayanan di RSUD Sumedang dan pembangunan Pasar Sandang Sumedang, termasuk proyek fisik yang bersifat monumental. Kedua projek tersebut, rencananya akan rampung tahun ini