5 Jenis Makanan Pencegah Gondok

by -7 views

Jatinangorku.com – Gondok atau dalam bahasa latin disebut dengan struma adalah pembengkakan pada kelenjar tiroid. Penyakit gondok disebabkan oleh gangguan kelenjar tiroid yang tidak dapat mensekresikan hormon tiroid dalam tubuh. Selain itu, penyakit gondok juga disebabkan oleh kurangnya asupan yodium dalam tubuh.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi agar terhindar dari gondok, seperti yang dilansir webmd.com sebagai berikut.

Garam

Tiroid Anda memerlukan yodium agar dapat bekerja dengan baik. Pastikan Anda selalu menggunakan garam beryodium. Selalu periksa label kemasan garam untuk memastikan garam yang Anda konsumsi adalah garam beryodium.

Sayuran Berdaun Hijau

Bayam, selada, dan sayuran hijau lainnya adalah sumber magnesium. Tiroid memerlukan magnesium untuk bekerja dengan baik. Sayuran hijau tidak hanya cukup banyak mengandung magnesium, mereka juga cukup banyak mengandung selenium, mineral lain yang dapat menunjang kinerja tiroid.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mente, almond adalah sumber magnesium yang baik untuk membantu kerja kelenjar tiroid.

Seafood

Ikan laut, udang dan rumput laut kaya akan yodium yang diperlukan tubuh untuk membantu kinerja tiroid. Tetapi Anda perlu memperhatikan jika Anda memeiliki hipertiroidisme hindari mengonsumsi rumput laut.

Kedelai

Beberapa penelitian menyebutkan bahan kimia yang ditemukan dalam produk olahan kedelai seperti susu kedelai dapat mengganggu kinerja tiroid. Tetapi hal ini hanya berlaku jika Anda kekurangan yodium, jika dalam keadaan normal hal ini tidak menjadi masalah. Jadi untuk mendapatkan asupan yodium tidak ada salahnya Anda mengonsumsi kedelai

Sumber : http://www.vemale.com/