5 Kebiasaan Yang Membuat Rambut Rusak dan Kering

by -35 views

5 Kebiasaan Yang Membuat Rambut Rusak dan Kering

Jatinangorku.com – Memiliki rambut lembut dan berkilau adalah dambaan setiap wanita. Namun beberapa kebiasaan yang sering tidak disadari ini membuat rambut rusak dan kering. Agar tidak terjadi pada rambut Anda, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini!

Tidak Memakai Kondisioner

Kondisioner berfungsi untuk merapikan kembali kutikula rambut yang berantakan akibat pemakaian shampo. Karena itu, selalu gunakan kondisioner agar rambut tetap berkilau dan tidak kering. Pastikan Anda tidak melewatkan pemakaian kondisioner saat keramas.

Terlalu Banyak Terekspose Bahan Kimia

Bulan lalu rambut sudah dicat dark brown, lalu dua bulan kemudian Anda melakukan smoothing. Banyak sekali bahan kimia yang mengenai rambut Anda. Pewarnaan rambut dan proses mengubah bentuk rambut secara permanen memberi bahan kimia yang ‘keras’ di rambut. Kebiasaan ini akan mempercepat kerusakan rambut.

Diet Yang Salah

Diet yang salah akan mengurangi nutrisi yang seharusnya didapat rambut. Rambut mulai terlihat kusam, tidak berkilau dan rapuh. Jika Anda sedang diet dan pilih-pilih makanan, lalu menemukan masalah rambut, sebaiknya hentikan diet Anda atau perbanyak konsumsi buah-buahan segar.

Terlalu Sering Menyisir

Menyisir selalu jadi kebutuhan wanita. Namun jangan terlalu sering menyisir rambut karena berpotensi melemahkan setiap helai rambut dan menyebabkan rambut mudah patah. Cukup menyisir rambut tiga sampai lima kali setiap hari.

Mengikat Rambut Setiap Hari

Rambut yang diikat setiap hari sering mengalami masalah kerontokan, karena akarnya sering tertarik dan rapuh. Jangan biasakan mengikat rambut setiap hari. Jika Anda harus menggulung dan mengikat rambut karena pekerjaan, segera lepas ikatan setelah Anda selesai bekerja. Jangan lupa rawat rambut dengan masker dan tonik agar tidak mudah patah.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari. Semoga bisa membantu Anda memiliki rambut yang sehat dan berkilau.

Sumber : http://www.vemale.com