54.416 Kendaraan Bermotor Tak Bayar Pajak

by -36 views

54.416 Kendaraan Bermotor Tak Bayar Pajak

Jatinangorku.com – Untuk kedua kalinya, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat, Wilayah Kabupaten Bandung II Soreang menggelar razia kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) atau tidak membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), di Jln. Terusan Kopo Katapang, Rabu (18/9).

Operasi melibatkan Satlantas Polres Bandung, Dishub, Jasa Marga, Kejaksaan, dan pengadilan.

Kepala Cabang Pelayanan Dispenda Jabar Wilayah Kabupaten Bandung II Soreang, Dedi Jubaedi mengatakan, operasi gabungan yang melibatkan instansi lain ini bertujuan untuk menekan jumlah wajib pajak yang tidak membayar PKB. Sampai pertengahan September ini sebanyak 54.416 kendaraan yang tersebar di 15 kecamatan Kabupaten Bandung, belum lunas PKB-nya. Dari jumlah tersebut, tunggakan PKB sepeda motor masih menduduki posisi teratas.

“April lalu sudah digelar operasi serupa. Operasi gabungan ini mampu menekan kendaraan yang tidak membayar PKB hingga 16,32 persen. Meskipun terjadi penurunan cukup signifikan, namun kami rasa belum optimal, makanya operasi digelar kembali,” kata Dedi.

Pasca-operasi pertama, pemilik 4.169 unit sepeda motor dan 374 unit mobil yang sebelumnya menunggak PKB, tak lama berselang atas kesadaran sendiri membayar kewajibannya. Sebelum operasi, jumlah kendaraan yang menunggak PKB sebanyak 98.000 unit atau sekitar Rp 20 miliar.

“Sebelum melaksanakan operasi kami mencoba mengambil langkah proaktif dengan mendatangi langsung pemilik kendaraan bermotor secara door to door. Kita ingin mengetahui alasan mereka tidak membayar pajak, apa karena lupa, tidak punya uang, sudah ditarik leasing atau bisa jadi hilang dicuri. Tak sedikit pemilik kendaraan yang lalai atau menunda-nunda membayar pajak sampai tahunan. Biasanya baru dibayar saat akan menjual kendaraannya tersebut,” tuturnya.

Tahun lalu pendapatan dari PKB mencapai Rp 108 miliar melampaui target Rp 95 miliar. Untuk tahun ini target pendatan PKB sebesar Rp 97 miliar dan pendapatan BBN Rp 95 miliar.

Hingga akhir Maret 2013 jumlah kendaraan bermotor yang masuk wilayah II Soreang mencapai 379.710 unit, 88% roda dua. Selama Maret saja penambahan kendaraan baru di Soreang sebanyak 3.550 unit, belum ditambah mutasi masuk yang jumlahnya 1.000 unit. Sedangkan mutasi keluar diperkirakan 1.000 unit.

Seorang pemilik sepeda motor yang menolak menyebutkan namanya mengakui, satu tahun tidak membayar PKB karena alasan tidak ada waktu untuk mengurusnya ke Samsat Soreang. Pria berkumis yang tinggal di Kecamatan Katapang ini malah merasa senang dengan adanya operasi ini, sehingga bisa sekalian membayar PKB melalui layanan Samsat Keliling Dispenda Jabar.

“Awalnya saya lupa bayar, begitu ingat sudah lewat batas waktu. Mau bayar jadi males karena dendanya tetap saja sama, antrenya juga cukup lama,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com