6 Hal Penting Yang Bisa Diketahui Lewat Air Urine

by -16 views

6 Hal Penting Yang Bisa Diketahui Lewat Air Urine

Jatinangorku.com – Dunia medis sungguh punya banyak kelebihan dan misteri. Di mana setiap hari selalu ada penemuan baru yang bermanfaat bagi dunia kesehatan. Misalnya saja membaca kondisi kesehatan lewat air urine. Kedengaran sederhana, tetapi urine ternyata bisa menunjukkan banyak hal tentang tubuh Anda.

Dokter R. Mark Ellerkmann, direktur pusat Urology di Weinberg Center for Women’s Health and Medicine, di Baltimore mengatakan bahwa urine dapat mengungkap kondisi kesehatan manusia dengan cara unik dan mudah. Lewat aromanya, lewat warnanya, frekuensinya, kandungan zat di dalamnya, aneka penyakit dan kondisi tubuh dapat terbaca.

Seperti keenam hal penting berikut ini misalnya:

Kehamilan

Hal yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi Anda ya. Kehamilan dapat diketahui dengan sebuah alat tes kecil dengan simbol tertentu yang akan menunjukkan apakah Anda sedang hamil atau tidak.

Adalah hormon hCG di dalam tubuh yang sebenarnya menunjukkan kehamilan. Pada testpack, apabila hormon hCG ini tinggi, maka ia akan menunjukkan dua garis, garis positif atau Anda hamil.

Terlalu banyak makan sesuatu

Beberapa makanan yang punya pigmen warna gelap biasanya akan memberikan pengaruh besar terhadap warna urine. Misalnya saja makanan yang berwarna ungu, seperti bit, buah naga merah, dan lain sebagainya. Kalau Anda menyadari bahwa warna urine Anda ungu, maka semua itu dipengaruhi oleh makanan Anda.

Menderita diabetes

Beberapa kondisi urine menunjukkan Anda sedang mengidap suatu penyakit. Misalnya bila Anda mengalami diabetes, maka urine akan pekat, aromanya tidak sedap, dan seringkali keluar dengan warna yang sama.

Infeksi saluran kencing

Atau apabila urine mengandung darah, berwarna merah atau agak pink maka bisa jadi Anda mengalami infeksi atau bahkan mungkin tumor pada saluran kencing. Anda harus segera mengecek kondisi ke dokter bila memang mengalami hal ini. Jangan dianggap remeh dan jangan keburu takut akan vonis dokter terlebih dahulu. Hasil lab yang akan membantu menentukan penyakit yang Anda idap.

Stres

Urine dapat menunjukkan seberapa stres diri Anda. Lewat apa? amati aroma urine yang Anda keluarkan, apakah aromanya terlalu sering berbau kopi? wine? cokelat? atau aroma makanan lainnya? Jika ya, maka sebenarnya Anda sedang stres. Pada titik stres, seseorang sering mengonsumsi suatu makanan berlebihan.

Sedang dehidrasi

Dehidrasi tidak selalu menunjukkan rasa lemas, tetapi juga bisa ditunjukkan dengan warna urine Anda yang pekat. Semakin pekat biasanya rasanya akan panas, dan untuk itu Anda disarankan minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari. Urine yang sehat warnanya kuning jernih atau bening.

Mulai sekarang, Anda bisa mengamati warna urine Anda sendiri. Apabila toh memang mengindikasikan beberapa hal di atas, Anda tidak perlu panik, dan dengan tenang menghubungi dokter untuk memeriksa kondisi Anda.

Sumber : http://www.vemale.com