7 Cara Merawat Rambut Seusai Berenang di Air Laut

by -17 views

7 Cara Merawat Rambut Seusai Berenang di Air Laut

Jatinangorku.com – Saat musim panas tiba, sebagian besar orang ingin menghabiskan waktunya berada di pantai untuk menyelam atau sekadar bermain dengan air laut. Sayangnya, air laut seringkali membuat rambut jadi kaku, kering dan kusut. Kalau sudah begitu, lakukanlah tujuh cara perawatan ini.

1. Setelah selesai berenang di laut, jangan lupa untuk mencuci rambut dengan shampo berbahan dasar alami untuk menghilangkan garam serta sisa tanah di kulit kepala. Kedua hal itu dapat menyebabkan rambut rontok dan merusak kualitas rambut. Shampo herbal biasanya memiliki kandungan deterjen yang lebih sedikit ketimbang shampo biasa. Oleh karena itu, rambut pun tidak akan menjadi semakin kering.

2. Air laut dapat membuat rambut jadi bergelombang. Inilah yang disebut dengan tatanan rambut ‘beach waves‘. Jika Anda ingin mempertahankan gaya rambut tersebut, gunakan kondisioner sebelum pergi ke pantai. Setelah selesai beraktivitas, sisir rambut Anda dengan sisir bergigi jarang untuk menghindari kusut dan rontok.

3. Alpukat merupakan kondisioner alami untuk rambut. Apabila Anda lupa membawa kondisioner, aplikasikan buah alpukat yang sudah dihancurkan pada rambut selama 5 hingga 10 menit lalu bilas dengan benar. Dengan begitu, Anda pun terhindar dari rambut yang kusut.

4. Selain alpukat, Anda juga bisa mengaplikasikan cuka putih pada rambut. Gunanya untuk membuat rambut lebih lembut dan bersinar usai terkena kandungan garam laut. Caranya pun mudah, cukup teteskan sedikit cuka putih pada air, lalu bilas.

5. Oleskan yoghurt pada rambut. Ini merupakan produk perawatan rambut yang efektif. Setelah selesai melakukan aktivitas di laut, aplikasikan yoghurt pada rambut selama 30 menit kemudian cuci dengan shampo. Anda akan mendapatkan rambut yang lembut, ringan dan mudah diatur.

6. Salah satu tumbuhan yang memiliki manfaat pada kesehatan rambut adalah lidah buaya. Bukan berarti Anda harus repot membawa lidah buaya ke pantai, cukup beli gel atau produk rambut dengan ekstrak lidah buaya. Tumbuhan yang satu itu, sangat cocok digunakan untuk mereka yang memiliki masalah kerontokan.

7. Hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer usai dari pantai. Hal ini akan membuat rambut semakin kering dan bahkan bisa membuatnya rusak. Biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya, dan gunakan jari untuk menatanya. Selain lebih aman, teknik ini juga bantu menciptakan tampilan rambut ala peselancar nan seksi.

Sumber : http://id.she.yahoo.com