7 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Jantung Lebih Sehat

by -36 views

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Jantung Lebih Sehat

Jatinangorku.com – Menjaga kesehatan jantung umumnya dilakukan dengan melakukan latihan olahraga 30 menit setiap hari dalam seminggu, membatasi asupan daging merah, menghindari lemak jenuh dan tidak merokok. Namun, selain itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Kabar terbaiknya, ada beberapa hal yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung dengan cara yang menyenangkan. Hal sederhana ini bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

Mendengarkan lagu bahagia

Lebih baik tinggalkan daftar lagu sendu Anda. Pilih lagu-lagu bahagia yang akan membuat mood Anda naik dan merasa lebih enerjik. Dalam sebuah penelitian, seperti dilansir iVillage.com, lagu bahagia dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi kecemasan, serta mengurangi ketegangan saraf otonom.

Bahkan, ketika ibu-ibu hamil mendengarkan musik seperti concerto Brandenburg, simulasi detak jantung janin yang belum lahir menunjukkan ketenangan dan rasa rileks.

Mengonsumsi vitamin D

Tubuh dapat membuat vitamin D sendiri dari sinar matahari, namun saat ini sinar matahari tak lagi ramah pada kulit dan bisa menciptakan problem lain. Untuk itulah, Anda harus mengonsumsi tambahan suplemen vitamin D yang berfungsi membangun tulang, meningkatkan anti inflamasi yang juga membantu mencegah penyakit jantung.

Asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh setiap hari yang disarankan adalah sebesar 1000IU – 2000IU.

Asupan protein dari menu lainnya

Wanita yang gemar makan makanan berprotein selain daging merah menunjukkan penurunan resiko terkena penyakit jantung, demikian hasil penelitian Journal of American Heart Association.

Asupan protein bisa diperoleh dari kacang-kacangan, ikan, unggas, telur, dan produk susu rendah lemak.

Makanan berprotein ini cukup penting untuk mempertahankan massa otot dan kesehatan pembuluh darah.

Kopi yang selalu disaring

Tetap memilih minum kopi yang telah melewati penyaringan demi jantung Anda. Tanpa melewati penyaringan, kopi mengandung senyawa yang disebut diterpenes, yang akan meningkatkan kadar kolesterol dalam trigliserida pada darah. Secara umum, kopi saat ini telah dianggap sebagai minuman yang sehat, namun tetap harus melewati proses filterisasi .

Menjaga kebersihan tangan

Heran ya mengapa kebersihan tangan berhubungan dengan kesehatan jantung? Tetapi, hubungan antara indeksi dan penyakit jantung adalah sebuah fakta nyata.

Tubuh yang berupaya melawan infeksi dan menciptakan inflamasi yang berhubungan dengan pemompaan darah melalui pembuluh arteri, hal ini dapat menyebabkan pembentukan plak serta memicu penyakit jantung. Inilah sebabnya, selalu berusahalah menjaga kebersihan tangan agar virus flu tidak sampai mengganggu Anda.

Tarik napas dalam-dalam

Latihan pernapasan yoga yang melibatkan pernapasan perut dalam juga dikenal sebagai teknik pernapasan diafragma. Ia akan membantu mengurangi laju pernapasan yang meningkatkan variabilitas denyut jantung. Hal tersebut juga merupakan indikator kesehatan yang baik dan menunjukkan kebugaran.

Bernapas dalam-dalam membantu melepaskan ketegangan serta kecemasan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pernapasan diafragma:

  • Jatuhkan bahu Anda jauh dari telinga Anda
  • Buka dada dan bahu menggulung mundur
  • Tempatkan tangan Anda pada perut Anda sehingga Anda dapat melihat napas bergerak masuk dan keluar
  • Tarik napas sampai hitungan enam , merasa udara mengisi perut Anda dan kemudian buang napas untuk hitungan delapan sampai 10; ulangi sampai empat kali

Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian

Menambahkan beberapa makanan sehat di dalam menu diet menjadi salah satu cara yang mudah menjaga jantung dalam keadaan prima. Caranya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.

Jika selama ini Anda berpikir bahwa kacang dapat memicu peradangan seperti jerawat, pemikiran Anda kurang tepat. Justru lemak baik yang ada di dalam kacang-kacangan dan biji-bijian ini yang kemudian diperlukan tubuh untuk menjaga agar kolesterol jahat tidak menguasai tubuh.

Sumber : http://www.vemale.com/