7 Penyebab Tiba-Tiba Migrain

by -13 views
7 Penyebab Tiba-Tiba Migrain
7 Penyebab Tiba-Tiba Migrain

7 Penyebab Tiba-Tiba Migrain

Jatinangorku.com – Migrain adalah sakit kepala yang bisa tiba-tiba muncul dan bisa bertahan hingga 48 jam rasa sakitnya. Membuat Anda jadi peka terhadap cahaya, rasa mual, muntah, serta sensitif terhadap suara.

Migrain sebenarnya adalah kombinasi dari pembengkakan pembuluh darah serta pelepasan beberapa zat kimia di sekitar pembuluh darah dan syaraf.

Selama rasa sakitnya muncul, arteri akan membesar dan letaknya lebih dekat dengan kulit sehingga melepaskan semacam zat kimia yang menyebabkan peradangan, pembengkakan pembuluh darah, dan rasa sakit di kepala.

Apabila Anda seringkali menderita migrain, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari. Peneliti mengatakan, seperti dikutip dari IndiaTimes, bahwa merekalah yang dapat menyebabkan Anda tiba-tiba mengalami migrain.

Stres

Penyebab pertama Anda sering terserang migrain adalah stres. Pekerjaan yang berat serta lama mempengaruhi kebiasaan makan serta jam istirahat Anda. Alhasil, Anda jadi kurang tidur dan kurang asupan nutrisi, bahkan seringkali merasa lapar dan mengabaikan rasa lapar itu sambil terus bekerja.

Kondisi ini sebenarnya tidak baik lho kalau diteruskan. Migrain punya level rasa sakit yang muncul. Dibiarkan semakin lama, sakitnya tidak akan dengan mudah hilang.

Cuaca

Perubahan cuaca yang cukup estrim juga dapat menyebabkan seseorang mengalami migrain. Trik untuk mengatasinya adalah lebih baik ke mana-mana membawa payung. Ketika hujan, ketika matahari sedang terik-teriknya, gunakan payung sehingga tubuh Anda tidak kaget mengalami perubahan cuaca dan suhu yang ekstrim.

Kafein

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat menyebabkan serangan migrain meningkat. Untuk itu sebaiknya kurangi konsumsi kafein ini dan gantikan saja dengan jus buah.

Lapar

Selain problem pencernaan, terlambat makan dan membiarkan perut kelaparan terlalu lama akan memicu migrain. Kebiasaan buruk yang satu ini jangan dipiara ya, karena dapat mempengaruhi kesehatan organ pencernaan Anda yang lainnya.

Efeknya tentu saja kurang baik, mulai dari kerusakan liver, kerusakan ginjal, dan lain sebagainya.

Musik yang terlalu keras

It’s ok jika Anda gemar mendengarkan lagu untuk membangkitkan semangat, tetapi memutar volumenya terlalu keras akan menyebabkan migrain lho. Parahnya, rasa sakit yang disebabkan akan bertahan 72 jam lamanya. Bila Anda tak ingin diserang migrain hanya karena mendengarkan lagu, maka kecilkan volumenya dan jangan pasang terlalu keras.

Hypoglycemia

Konsumsi yang tinggi terhadap makanan manis serta pasta-pastaan dapat menyebabkan migrain. Tubuh akan memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup besar untuk memecahkan glukosa, sehingga dalam jangka waktu yang singkat gula di dalam darah akan menurun dengan drastis jumlahnya. Penurunan jumlah gula darah di dalam tubuh yang terlalu cepat inilah yang menyebabkan sakit kepala.

Tidur terlalu lama

Karena terbiasa tidur 2-3 jam sekali akibat menyelesaikan pekerjaan, maka di akhir minggu biasanya Anda akan menebus dengan tidur yang lama. Anda berpikir hal ini mungkin akan sangat membantu, tetapi siapa sangka cara ini justru membuat tubuh makin sakit semua, serta memicu migrain muncul di kepala Anda.

Setelah mengetahui penyebab migrain di atas tadi, lebih baik hindari penyebab-penyebab tersebut. Selain itu, pastikan Anda tidak selalu terlambat makan dan mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh tetap terjaga kesehatannya

Sumber : http://www.vemale.com