70 SMK Unjuk Kabisa di Ikopin

by -62 views


JATINANGOR (GM) – Sebanyak 70 sekolah menengah kejuruan (SMK) perwakilan dari seluruh Indonesia memperlihatkan hasil karyanya pada Expo 2012 berlangsung di halaman kampus Institut Ekonomi Indonesia (Ikopin) Jalan Raya Jatinangor, Kab. Sumedang, Kamis (17/5).

Kegiatan tersebut digagas Ikopin bekerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan memontum Hari Kebangkitan dan Pendidikan Nasional yang dibuka Rektor Ikopin, Burhanuddin Abdullah. Berbagai produk unggulan karya siswa, mulai rekayasa, teknologi komunikasi dan informasi, kesehatan, seni, kerajinan, agrobisnis dan agroteknologi ditampilkan dalam pameran terebut.

Rektor Ikopin, Burhanuddin Abdullah mengatakan, kegiatan ini yang pertama kali dan akan menjadi program rutin tahunan sebagai ajang apresiasi yang tinggi terhadap produk siswa SMK yang luar biasa, sekaligus momentum untuk menebar semangat wirausaha di kalangan pelajar SMK.

“Bagi Ikopin, penyelenggaraan Expo ini sebagai langkah dalam memperluas upaya dan memperbanyak wirausahawan di tanah air,” kata Burhanuddin.

Di sisi lain, lanjut Burhanuddin, sejak berdiri 30 tahun lalu Ikopin kini telah melakukan transformasi menjadi perguruan tinggai yang mempunyai komitmen besar terhadap masalah wirausaha.

“Ikopin telah banyak melakukan upaya meningkatkan kapasitas para wirausahawan terutama level kecil dan menengah, serta alumni Ikopin banyak yang berhasil merintis karier sebagai wirausahawan,” kata Burhanuddin yang juga mantan Gubernur Bank Indonesia ini.

Sementara itu, ketua panitia SMK Expo 2011, Adji Gutomo mengatakan, kegiatan ini menampilkan produk unggulan karya siswanya yang sangat populer seperti mobil, laptop, bahkan pesawat terbang serta produk tepat guna lainnya seperti peralatan pertanian.

 

sumber : klik-galamedia