Survei Analis: Harga Emas Naik Minggu Depan

by -26 views

Survei Analis: Harga Emas Naik Minggu Depan

Jatinangorku.com – Para analis di bursa komoditas sangat yakin bahwa harga emas akan naik minggu depan, menyusul kebijakan Amerika yang mempertahankan stimulus moneter.

Kemarin, bank sentral Amerika, Federal Reserve (The Fed) memastikan tidak ada pengurangan belanja surat berharga, yang dikenal dengan kebijakan Quantitative Easing. Setiap bulan, The Fed menggelontorkan US$ 85 miliar sebagai stimulus moneter.

Kepastian masih berlangsungnya kebijakan tersebut diperkirakan bakal mendorong harga emas. Sebanyak 16 dari 26 analis  yang disurvei Bloomberg yakin harga komoditas itu akan bangkit minggu depan.

Hanya 5 analis yang masih menganggap harga emas masih tertekan, sementara 5 lainnya memilih netral. Selepas kebijakan The Fed diumumkan, harga emas langsung naik 4,1 persen. Ini merupakan lompatan terbesar dalam 15 bulan terakhir.

Sepanjang 13 tahun, pada 2013 inilah harga emas mendapat tekanan cukup serius. Padahal secara tahunan, dalam 12 tahun terakhir harganya terus naik.

Di bursa London, Inggris misalnya, sepanjang tahun ini harga emas sudah turun 19 persen. Kini, para analis meyakini bakal naik lagi, menyusul tekanan yang bakal dialami oleh dolar AS.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/