80 Persen Wilayah Jawa Barat Rawan Longsor, BPBD Gelar Simulasi Tanggap Bencana

by

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi, mengatakan, wilayah Jawa Barat, sekitar 80 persennya berpotensi longsor.

Longsor itu, terutama berpotensi terjadi di wilayah Jawa Barat bagian tengah dan selatan.

“Bicara soal hidrometeorologi antara hujan dan kemarau semua rata. Hampir delapan puluh persen Jawa Barat rentan dengan longsor. Terutama tengah dan selatan,” ujarnya selesai pelaksanaan simulasi bencana di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, dekat kawasan wisata alam Tebing Keraton, Kamis (26/4/2018).

Selain itu, lanjutnya, di sekitar Bandung Raya, juga terdapat patahan Lembang.

Patahan itu berpotensi memberikan dampak besar.

“Kita ketahui di Jawa Barat ada patahan di daratan, 26 kilometer dari Padalarang sampai Manglayang. Itu Sesar Lembang, dalam keadaan aktif. Keaktifan ini akan memberikan dampak skala tertentu bisa merusak kehidupan sekitar. Karena sekarang sudah banyak permukiman di sekitarnya.”

“Banyak penelitian dan pengamatan yang dilakukan. Dampaknya bisa besar tidak hanya daerah sini Bandung, tapi bisa lebih luas dari pada itu.”

 

Karena itu, ujarnya, melalui simulasi yang telah dilakukan, dia berharap dapat memberikan pengetahuan luas kepada masyarakat mengenai tanggap bencana.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung, Ferdy Ligaswara, juga mengatakan, bencana tak dapat diduga terjadinya.

Karena itu, penekanan partisipasi perlu dilakukan.

“Bencana siapapun tidak bisa menduga. Penekanan tidak bisa sektoral tapi partisipasi. Untuk koordinasi, kami bentuk forum silaturahmi dari berbagai unsur. Tidak ada pendekatan sektoral, kita sudah batiniah,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, bersama dengan 22 unsur lain seperti Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung, Kepolisian, PMI, TNI, Basarnas, mengadakan simulasi bencana di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, dekat kawasan wisata alam Tebing Keraton, Kamis (26/4/2018).

Simulasi bencana yang diklaim melibatkan kurang lebih 1000 orang itu dilaksanakan untuk memperingati hari kesiapsiagaan bencana pada 26 April ini agar terjalin sinergi antar unsur yang terlibat dalam kebencanaan

 

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com