9 Desa Wisata Bakal Bersolek untuk Menarik Wisatawan Datang ke Sumedang

by -100 views

9 Desa Wisata Bakal Bersolek untuk Menarik Wisatawan Datang ke SumedangDinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Diparbudpora) Pemkab Sumedang mengajukan sembilan desa yang berada di pesisir Bendungan Jatigede sebagai desa wisata. Pengajuan desa ini menyusul Sumedang mendapat jatah empat desa akan dijadikan desa wisata saat Menteri Pariwisata mengunjungi Bendungan Jatigede.

“Kami mengajukan sembilan desa di sekitar Bendungan Jatigede untuk menjadi desa wisata ke Kementrian Pariwisata,” kata Kemal Idris, Kabid Pariwisata, Disparbudpora, kemarin.

Sembilan desa yang diusulkan semuanya berada di pesisir Bendungan Jatigede,  Desa Cijeungjng, Cipicung, Jemah, Ciranggem, Mekarasih di Kecamatan Jatigede. Desa Pawenang, Kecamatan Jatinunggal, Desa Sukaratu, Pakualam dan Desa Karangpakuan di Kecamatan Darmaraja. “Saat kami konsultasi ke Kemenpar ternyata desa wisata itu bisa lebih dari empat dengan catatan memiliki potensi. Sehingga kami mengusulkan sembilan,” katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Sumedang hanya mengusulkan desa yang akan ditetapkan menjadi desa wisata. “Pemerintah daerah hanya mengusulkan saja sedangkan yang menetapkan Kemenpar,” katanya.

Sembilan desa diusulkan menjadi desa wisata secara geografi sangat berpotensi. Desa yang ditetapkan menjadi desa wisata ini bakal diberi bantuan Rp 1 miliar oleh Kemenpar.

“Saat ini desa di kawasan perairan Jatigede memang belum tertata sehingga tak memiliki daya tarik wisata, namun dengan adanya bantuan bisa dibangun supaya lebih menarik wisatawan,” katanya.

Dengan pengembangan desa wisata di sekitar Jatigede diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. “Kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar Jatigede belum bisa berbuat banyak. Setelah jadi desa wisata dan banyak dikunjungi kehidupan warga disana bisa berubah,” katanya.

Dikabarkan sebelumnya, Kementrian Pariwisata meminta untuk penataan kawasan wisata di Bendungan Jatigede harus disusun master plan secara matang matang. Hal tersebut dilakukan untuk membangun kawasan pariwisata Jatigede secara terencana dan terorganisir. Untuk mewujudkan kawasan wisata di sekitar Bendungan Jatigede akan ada empat desa yang akan kita jadikan model.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com