9 Hotel Paling Canggih di Dunia

by -27 views

9 Hotel Paling Canggih di Dunia

Jatinangorku.com – Apa jadinya jika Anda tidak diberi kunci kamar—malah sebuah iPhone—saat check in di sebuah hotel? Bagaimana pula jika barang-barang bawaan Anda disimpan oleh robot atau melakukan transaksi dengan sidik jari Anda? Semua ini bisa dilakukan di hotel berteknologi canggih.

Hotel dengan peranti canggih mungkin belum ada di Indonesia. Namun di mancanegara, hotel hi-tech mulai banyak digemari. Selain memberi kemudahan bagi pengunjung, hotel jenis ini mungkin dapat memotong anggaran gaji untuk karyawan.

Dikutip dari situs cnn.com, berikut ini sembilan hotel paling canggih di dunia.

Hotel Blow Up Hall 50 50, Pozna, Polandia
Ada tidak ada nomor kamar di hotel ini. Untuk mencari dan membuka kamar, para tamu menggunakan iPhone yang dilengkapi teknologi digital recognition.

Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan instalasi seni digital, termasuk peranti yang diletakkan di lobi, yang mampu menciptakan gambar para tamu berukuran besar.

Tarif kamar Hotel Blow Up Hall 50 50 mulai USD156 per malam.

theWit, Chicago, AS
Sensor yang ada di kamar hotel ini secara otomatis menyesuaikan suhu kamar dengan tubuh Anda. Alih-alih menelepon pusat layanan, tamu dapat mengirim pesan langsung ke perangkat mobile petugas terdekat.

Di area umum, sebuah sound system khusus memainkan suara yang disesuaikan: kicau burung di siang hari dan suara jangkrik di malam hari.

Tarif Hotel theWit mulai USD189 per malam.

The Magdalen Chaper, Exeter, Inggris
Hotel ini merupakan zona bebas kertas dan semuanya dilakukan dengan iPad. Para tamu melakukancheck in dengan iPad yang dapat mereka gunakan selama mereka menginap di hotel ini.

Anda dapat memanggil layanan kamar atau melihat daftar anggur yang ada di restoran lewat iPad tersebut.

Selain itu, para tamu juga dapat memainkan musik atau video dari laptop, flash disk, atau iPad melalui media hub di dalam kamar yang terhubung dengan TV.

Tarif kamar The Magdalen Chapter mulai USD193 per malam.

Yotel New York, AS
Kunci kamar di Yotel New York diberikan di terminal check-in elektronik. Di sini, para tamu dapat melihat robot hotel, Yobot, menyimpan barang-barang mereka.

Kamar-kamar di hotel ini kedap suara dan dilengkapi ranjang yang digerakkan motor untuk menghemat ruang, sementara pendingin udara diaktifkan oleh sensor gerak. Restoran hotel, Dohyo, juga berteknologi tinggi, dengan meja yang dapat dinaikkan dan diturunkan dengan tombol khusus.

Tarif kamar Hotel Yotel mulai USD199 per malam.

Ushuaia Ibiza Beach Hotel, Ibiza, Spanyol
Ketika check-in di hotel ini, Anda tidak hanya meregister kartu kredit, tapi juga sidik jari Anda. Jika telah teridentifikasi, Anda dapat membayar segalanya—mulai layanan kamar hingga minum di bar—hanya dengan menyentuh layar pada scanner biometrik portabel.

Para tamu juga dapat meregister sidik jari di alat yang disebut Facebook Totem yang ada di beberapa lokasi di hotel. Dengan alat ini, para tamu dapat melihat profil FB mereka hanya dengan sentuhan.

Tarif Ushuaia Ibiza Beach Hotel mulai USD254 per malam.

Hotel 1000, Seattle, AS
Sensor infra merah di setiap kamar di Hotel 1000 mampu mendeteksi panas tubuh tamu yang datang dan memberi peringatan kepada penghuni kamar. Dengan demikian, privasi penghuni lebih terjaga.

Fitur hi-tech lain adalah lapangan golf virtual di lobi yang dilengkapi sistem pelacakan inframerah yang memungkinkan para tamu untuk ‘bermain’ di 50 lapangan golf internasional.

Tarif Hotel 1000 mulai USD259 per malam.

QT Sydney, Australia
Teknologi yang diaplikasikan di hotel ini mendeteksi berapa banyak orang di dalam lift dan memainkan lagu yang sesuai. Lagu Elvis Presley “Are You Lonesome Tonight” adalah salah satu lagu bila lift diisi satu orang. Sementara bila lift berisi dua orang, lagu yang dimainkan adalah “Just The Two of Us” milik Bill Withers.

Selain itu, hotel ini juga memiliki pertunjukan seni digital, seperti instalasi cahaya dan video HD.

Tarif Hotel QT mulai USD348 per malam.

W Hotel Sentosa Cove, Singapura
Mengusung tema futuristik, ketika tamu memasuki lobi, sensor mengambil gambar dan menampilkan karya seni digital unik. Di W Lounge, Anda dapat bermain game di layar sentuh interaktif yang ada di meja bar.

Dan di Woobar itu, sebuah cermin yang juga berfungsi sebagai kamera memungkinkan tamu mengunggah foto mereka ke media sosial.

Tarif W Hotel mulai USD504 per malam.

Hong Kong Peninsula Hotel
Tablet elektronik yang ada di kamar diprogram dalam bahasa yang dapat disesuaikan. Alat ini dapat digunakan untuk memilih film dan mengakses panduan kota Hong Kong.

Layar sentuh di dinding dan sisi ranjang memungkinkan para tamu untuk memanggil housekeeping, mengaktifkan tanda “Do Not Disturb” secara elektronik dan menyesuaikan pencahayaan kamar.

Tarif Hong Kong Peninsula Hotel mulai USD603 per malam.

Sumber : http://blog.rumah.com