98 Warga Sumut Ikuti Test IPDN di Jatinangor Jabar

by -38 views

Jatinangorku.com – Sebanyak 98 warga Sumut yang telah menyelesaikan pendidikan SMA sederajat, Jumat (10/10), akan mengikuti tes akhir calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor, Jawa Barat. Dari 98 peserta itu, Kota Medan mengirimkan jumlah terbanyak, yakni 31 orang, disusul Deliserdang 12 orang, Simalungun 8 orang, Binjai 6 orang, Langkat dan Dairi masing-masing 4 orang, dan Tobasa, Pematangsiantar dan Taput masing-masing 3 orang. Kemudian Sergai, Humbahas, Asahan, Karo, Tangjungbalai, Padangsidempuan, Paluta, dan Labusel 2 orang, serta masing-masing satu peserta dari Tapsel, Sibolga, Labuhanbatu, Tapteng, Palas, Labura, Nias Barat, dan Gunung Sitoli.

Andre Louis Zaki Napitupulu, seorang calon asal Tapanuli Utara menjelaskan mereka akan berangkat ke Jatinangor pada Jumat dinihari pukul 03.00 WIB dari Stasiun KA Medan menuju Bandara KNIA untuk kemudian terbang ke Jatinangor, Jawa Barat. “Di sana kami akan di tes kesehatan, jasmani, wawancara dan Pantokhir,” ucap siswa SMAN 1 Siborongborong kelahiran tahun 1997.

Anak wiraswasta ini mengaku sebelum dinyatakan lulus untuk mengikuti tes di Jatinangor, ia bersama peserta lainnya telah melalui tes selama sebulan lebih, baik di daerah maupun di provinsi. “Mudah-mudahanlah, dengan tes yang sudah saya lewati bisa menjadi bekal untuk mengikuti tes di Jatinangor dan dinyatakan lulus kemudian,” katanya.

Sementara Kepala BKD Provsu Pandapotan Siregar melalui Kabid Pengembangan Ahmad Sofyan mengatakan seluruh keputusan final kelulusan calon Praja IPDN dari Sumut diserahkan ke pihak IPDN, dan dari BKD diakuinya hanya mendampingi dan mengantar calon Praja ke Kampus IPDN di Jati Nangor Jawa Barat Jumat (10/10). “Masalah kelulusan Pantokhirnya nanti kita serahkan ke pihak IPDN, kita dari BKD hanya mendampinginya. Kelulusannya nanti sesuai dengan keputusan Mendagri,” ungkapnya.

Untuk jadwal tes, lanjutnya, wilayah Sumut terjadwal pada Sabtu dan Minggu. Untuk sesi wawancara Senin, dan akan diumumkan kelulusannya hari berikutnya. “Pengumuman akan disampaikan setelah wawancara selesai. Siapa yang tak lulus maka kita bawa kembali pulang ke Medan,” ucapnya.

Dia mengaku sangat mengharapkan agar keseluruhan calon Praja dari Sumut dapat nilai bagus sehingga ke 98 Praja itu dapat lulus semua.

“Mudah-mudahan semua lulus, itu harapan kita,” tandasnya

Sumber : http://hariansib.co/