Ada Hal Yang Lebih Penting Ketimbang Berat Badan

by -67 views
Ada Hal Yang Lebih Penting Ketimbang Berat Badan
Ada Hal Yang Lebih Penting Ketimbang Berat Badan

Ada Hal Yang Lebih Penting Ketimbang Berat Badan

Jatinangorku.com – masih galau juga soal berat badan? Untuk apa sih meratapi nasib dan bersedih hanya karena berat badan saja. Masih ada banyak hal yang lebih penting dibandingkan berat badan lho.

Kalau Anda membaca beragam info tentang berat badan, sesungguhnya Anda akan menemukan info di mana berat badan Anda tak selalu menunjukkan berat lemak saja. Berat badan manusia cukup kompleks, terdiri dari tulang, daging, dan air. Yang kesemuanya disebut sebagai berat badan total, seperti yang Anda ketahui saat menimbang tubuh Anda.

Ketika Anda menjalani diet, ada beberapa hal lain yang juga berubah. Dan hal tersebut bahkan lebih penting ketimbang angka yang ditunjukkan di timbangan Anda.

Dikutip dari SheKnows.com, inilah hal-hal yang jauh lebih penting dari berat badan.

Lingkar pinggang

Sakag satu prediktor terbesar dari penyakit kronis adalah lingkar pinggang. Lingkar pinggang memberikan info kilat tentang distribusi lemak tubuh. Anda juga bisa tahu di bagian mana lemak tubuh lebih banyak berkumpul dan mengindikasikan bahaya ancaman diabetes atau penyakit jantung.

Adalah sebuah aturan umum yang menyarankan menjaga lingkar pinggang wanita Asia tetap berada di bawah 31 inci untuk bisa dikategorikan sehat dan jauh dari resiko penyakit jantung dan diabetes.

Anda juga dapat memperhatikan perubahan lingkar pinggang yang mengindikasikan penurunan berat badan, yang artinya lemak di dalam tubuh Anda sudah lebih berkurang.

Keaktifan tubuh Anda

Fokus pada keaktifan tubuh juga jauh lebih penting ketimbang soal berat badan. Mereka yang kurang aktif cenderung mudah stres serta memiliki problem pada berat badan.

The American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa orang dewasa melakukan 150 menit latihan fisik intensitas sedang setiap minggu (berjalan, bersepeda, berkebun, dll), yang setara dengan hanya 30 menit latihan kardiovaskular, lima hari seminggu.

Ketika Anda menjadi seseorang yang aktif, daya tahan tubuh juga akan meningkat.

Tingkat energi

Tingkat energi Anda adalah refleksi langsung dari bagaimana Anda memperlakukan tubuh Anda. Makan dan berolahraga teratur serta cukup tidur akan membantu Anda mendapatkan asupan energi yang cukup, sehingga Anda tak sampai kehilangan kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan. Uniknya, olahraga tidak akan membuat Anda kelelahan, namun efeknya akan memberikan energi yang lebih banyak.

Pakaian yang pas di tubuh

Memantau tubuh Anda itu mudah, tinggal pilih baju yang biasa Anda pakai dan mengetahui apakah baju itu terlalu ketat atau tidak. Membeli beberapa baju baru dalam waktu tertentu juga akan mempermudah Anda untuk selalu motivasi diri agar menjaga tubuh tetap ramping.

Instruksi dokter

Tidak banyak orang yang peduli apa kata dokter akan berat badan dan bagaimana asupan bernutrisi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa orang mengalami komplikasi penyakit karena salah menempuh program diet dan mengabaikan pesan yang hendak disampaikan oleh tubuhnya.

Sumber : http://www.vemale.com/