Ada Perbaikan Jalan Sumedang-Jatinangor Ditempuh 3 Jam

by -16 views

Ada Perbaikan Jalan Sumedang-Jatinangor Ditempuh 3 Jam

Jatinangorku.com – Perbaikan jalan di sejumlah titik jalan nasional Sumedang-Bandung menyebabkan kemacetan parah. Dari Sumedang menuju Jatinangor, pengguna jalan harus menempuhnya selama kurang lebih 3 jam.

“Tidak ada pilihan lain kecuali ha­rus membuntuti kendaraan di depan. Karena tidak mungkin dengan antrean cukup panjang dan rapat, mobil bisa menyalip. Karena itu, untuk bisa sampai di Jatinangor dari Sumedang atau sebaliknya harus ditempuh dalam waktu 3 jam,” kata Asep Aan, Camat Jatinangor, Kab. Sumedang, kepada “GM”, Kamis (12/6).

“Memang ada jalur alternatif yang tidak macet, yaitu dari arah Jatina­ngor masuk ke jalur Citali-Rancakalong-Padasuka dan masuk ke Sumedang Kota. Tapi jalur yang harus dilalui itu sangat jauh, atau bahkan jaraknya bisa tiga kali lipat. Untuk sementara waktu, saya lebih memilih menggunakan sepeda motor saja,” sambungnya.

Berdasarkan pantauan “GM”, sistem buka tutup diberlakukan di jalan yang diperbaiki, yaitu di wilayah Tanjungsari, Pamulihan, dan Sumedang Selatan. Akibatnya, antrean kendaraan mencapai 5 kilometer.

Kasi Humas Polres Sumedang, AKP Jhoni Andrijanto, kepada “GM” di ruang kerjanya mengata­kan, meski terjadi kemacetan, namun kendaraan masih bisa melaju. Sejauh ini, belum perlu dilakukan pengalihan arus. Meski demikian, masyarakat yang mengetahui jalur alternatif bisa memanfaatkannya untuk menghindari kemacetan.

Untuk menghindari lokasi perbaikan jalan yang ada di wilayah Sumedang Selatan dan Pamulihan, masyarakat bisa menggunakan jalan alternatif dari Patung Kuda, Samoja-Rancakalong-Citali (masuk ke jalan nasional). Selanjutnya dari pertigaan Citali untuk menghindari kemacetan di wilayah Tanjungsari, masyarakat bisa balik arah ke Sumedang, lantas masuk ke pertigaan Simpang keluar Parakanmuncang-Bandung.

“Demikian pula sebaliknya, dari arah Bandung, masyarakat bisa menggunakan jalan alternatif melalui pertigaan Citali-Rancakalong-Padasuka-Sumedang Kota,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/