Adam Ismail Ramaikan Bursa Cabup Sumedang

by -89 views

 Suhu politik di Kabupaten Sumedang kini makin memanas. Dalam beberapa hari belakangan, sejumlah nama bermunculan sebagai bakal calon (balon) Bupati Sumedang.

Dan setelah sejumlah nama bermunculan untuk meramaikan pesta demokrasi di Kabupaten Sumedang 2018 itu, kemaren bursa calon bertambah setelah tokoh Jatinangor yang juga pejabat penting Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Adam Ismail, SE, Msi, disebut-sebut ikut meramaikan pesta demokrasi  tersebut.

Bahkan santer terdengar kalau pria yang kerap di sapa Kang Adam itu sudah menjalin komunikasi dengan para tokoh dan sejumlah politisi yang berada di dapil Jatinanngor. Anggota DPRD Kabupaten Sumedang yang juga tokoh pemuda Jatinangor, Deden Doni Herlansyah, misalnya, menyatakan menyambut positif hal itu.

Menurut dia, hal ini sangat positif dan cukup menggembirakan bagi warga Jatinngor. Karena paling tidak hal ini akan menambah nilai tawar bagi warga Jatinangor.

“Saya senang ketika ada warga Jatinangor ikut meramaikan bursa calon Bupati pada Pilkada nanti,” katanya, ketika dimintai tanggapanannya terkait pejabat IPDN masuk bursa Cabup.

Politisi dari Partai Gerindra ini menambahkan, perkembangan ini sangat baik bagi kemajuan Jatinangor ke depan. Apalagi, menurut dia, sosok Adam Ismail sudah tidak asing bagi dirinya maupun warga Jatinangor pada umumnya. Terutama karena dia pernah beberapa kali terlibat dalam menyelenggarakan kegiatan sosial bersama dengan salah satu tokoh kharismatik Jatinangor itu.

“Beliau sering terlibat aktif dalam beberapa kegiatan masyarakat dan saya cukup respek terhadap beliau,” ungkap politisi yang akrab disapa Dendon itu.

Sementara itu ketua LSM Barisan Anti Korupsi ( Baraks) Kabupaten Sumedang, Abah Jieb,  menilai kemunculan  Adam Ismail di Bursa Cabup Sumedang sangat positif bagi kemajuan masyarakat Jatinangor.

Dikatakannya, kemunculan Kang Adam sebenarnya bukan hanya pada pilkada 2018 saja. Dalam pilkada 2013 lalu, dia sudah digadang-gadang untuk ikut maju sebagai balon Bupati Sumedang. Waktu itu, dia bahkan akan disandingkan dengan Almarhum H.Endang Sukandar.

“Dalam Pilkada 2013 lalu, beliau sempat ramai juga akan berdampingan dengan Almarhum HES, tapi waktu itu kelihatannya beliau lebih memilih melanjutkan karir di IPDN. Kalau sekarang memang ada niat untuk maju, itu sangat bagus. Paling tidak, masyarakat Sumedang akan memiliki banyak pilihan. Terutama karena Kang Adam yang memang sudah dikenal luas di wilayah Jatinangor, sehingga masyarakat memang sangat mengharapkan dirinya untuk ikut meramaikan bursa calon,”jelasnya.

Sementara itu, H.Adam Ismail ketika dimintai tanggapanannya mengenai pencalonan dirinya dalam Pilbup Sumedang ini, mengatakan bahwa dirinya memang terdorong untuk ikut memberikan sumbangsih pada Jatinangor sebagai salah seorang putera daerah .

Meski demikian, dia menjelaskan kalau semua itu baru sebatas wacana. Persisnya, baru sebatas dorongan dari tokoh masyarakat dan juga teman-temannya di lingkungan IPDN.

“Kita lihat saja perkembangannya seperti apa ke depan. Yang jelas ketika masyarakat menginginkan insyaallah saya akan pertimbangkan baik dan buruknya,” tuturnya ketika ditemui eljabar.com di ruang kerjanya di kampus IPDN Jatinangor,