Ade Irawan Soal Calon Wakil Bupati Sumedang, Jangan Menjatuhkan Bupati

by -68 views

Ade Irawan Soal Calon Wakil Bupati Sumedang, Jangan Menjatuhkan Bupati

Jatinangorku.com – Sejak dilantik menjadi Bupati Sumedang menggantikan H. Endang Sukandar, 12 Januari 2014 lalu, H. Ade Irawan belum memiliki wakil. Belum genap dua bulan memimpin Sumedang, Ade sudah dituding memetieskan penetapan calon wakil bupatinya.

“Bagaimana mau dipetieskan. Sampai sekarang saya belum menerima usulan,” kata Ade pada acara serah terima jabatan (sertijab) Camat Cimanggung, Asep Aan Dahlan kepada Asep Januar Sofyan di aula kantor Kepala Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Rabu (26/2). 

Ditegaskannya, hingga saat ini dirinya tidak didampingi wakil bupati lantaran belum ada usulan dari pihak lain atau partai pengusungnya di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Sumedang lalu.

Meskipun demikian, Ade berharap, siapa pun wakil bupati yang ditetapkan, dia bisa bekerja dengan ikhlas dan bisa bekerja sama dengannya untuk membangun Sumedang ke arah yang lebih baik. “Wakil bupati, jangan punya niat untuk menjatuhkan bupati,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ade sempat mengungkapkan, jika partai pengusungnya sudah mengusulkan calon wakil bupati, ia akan meminta petunjuk Allah SWT.

“Soalnya, jelek menurut kita, belum tentu menurut Allah SWT. Beri kita kesempatan yang terbaik untuk menentukan wakil bupati,” katanya.

Ade memastikan, selama tidak ada wakil bupati, tugas dan pelayanannya kepada masyarakat tidak terganggu. 

Tidak intervensi

Dalam kesempatan itu, Ade mengatakan, pengangkatan wakil bupati yang berdasarkan usulan partai pengusungnya tidak memiliki tenggat waktu. “Kita serahkan saja ke tim untuk mengusulkan wakil bupati,” katanya.

Dikatakannya, partai pengusungnya yaitu Partai Demokrat (PD) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sesuai aturan berhak mengajukan calon wakil bupati. 

“Partai yang berhak mengusulkan. Sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumedang, saya tidak intervensi dalam usulan calon wakil bupati. Tapi gambaran tentunya ada. Tapi saya sebagai ketua partai tak ikut campur,” tegasnya. 

Jalin komunikasi

Menanggapi kekosongan jabatan Wakil Bupati Sumedang, mantan Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Ismet Suparmat mengatakan, dewan harus tetap menjalani prosedur pengajuan dan penetapannya. Ia berharap calon wakil bupati yang diajukan adalah yang mau bekerja keras untuk kemajuan Sumedang.

“Saya berharap, bupati dan wakilnya bisa memberdayakan semua komponen melalui jalinan komunikasi dan silaturahmi yang baik,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/